PROFIL TIM PIALA DUNIA 2018 : MESIR
  • 7 bulan lalu
  • -
  • oleh Fadia Sekar
  • -
  • 331 diputar
  • 0
  • Share
  • more_horiz
Tambahkan ke Laporkan

Hi Eyesoccermania

Sukses menembus piala dunia, ternyata Mesir pun pernah gagal berpartisipasi di turnamen empat tahunan tersebut, tepatnya di tahun 1938 Mesir menolak untuk menjalankan laga kualifikasi melawan Rumania karena alasan finansial.  

 

Setelah  sekian tahun absen, tidak ada yang menyangka jika Mesir akan kembali mengikuti piala dunia 2018.

Terakhir kali tim berjuluk pasukan Firaun ini terggabung di piala dunia pada tahun 1990.

Hampir 28 tahun, atau melewatkan sekitar 7 kali Wolrdcup.

Satu group dengan Uganda, Ghana, dan Kongo, Muhamad Salah dan kawan-kawan memastikan  keluar sebagai pemimpin klasemen Grup E zona Afrika dengan 12 angka. Mereka unggul dari empat penghuni grup lainnya. Salah satunya adalah langganan Piala Dunia, Ghana. 

 

Ada momen yang bikin bulu kuduk berdiri nih ketika Mohamed Salah berhasil mencetak gol kemenangan Mesir. 

Kehebohan di lapangan terasa di salah satu stasiun televisi yang menyiarkan pertandingan tersebut. Membaca Basmalah sebanyak dua kali layaknya khotib.

Komentator tersebut  meneriakkan 'Allahu Akbar', 'Alhamdulillah', berkali-kali, disertai nama Salah ketika Salah sukses membobol gawang Ghana. Hhmmm Seru ya....

Penampilan gemilang Mesir di World cup memang  sudah terlihat dari kompetisi  piala Afrika yang sudah beberapa kali mereka taklukan.  Piala Afrika edisi perdana di tahun 1957 menjadi tempat awal Mesir mengukir sejarah tersebut . Datangnya pelatih gaek asal Argentina, Hector Cuper, pada Maret 2015 sukses membuat perubahan berarti bagi Mesir. Pelatih yang sudah kenyang makan asam garam ini pernah membesut kesebelasan-kesebelasan beken Eropa seperti Intermilan  dan Valencia ini sehingga membuat timnas Mesir kembali tampil menggigit.

Berbekal skuat yang mumpuni yang bermain di Eropa seperti Ahmed El Mohamady (Aston Villa), Mohammed Elneny (Arsenal), dan Mohammed Salah (Liverpool) plus beberapa penggawa senior yang mentas di liga lokal, seperti kapten tim, Essam El Hadary dan Ahmed Fathy yang bermain di Al Ahly.  

Walau, sukses menembus piala dunia, ternyata Mesir pun pernah mengalami masa sulit dan gagal berpartisipasi di turnamen empat tahunan tersebut, tepatnya di tahun 1938. Mesir yang kala itu lolos piala dunia tidak bisa  menjalankan laga kualifikasi melawan Rumania karena alasan finansial.  

Lalu ada juga nih rekor kemenangan yang dibuat oleh mesir. Saat melawan Laos 

di tahun 1963, Mesir menang telak  15 – 0 , dan hal tersebut menjadi rekor tersendiri bagi timnas Mesir.

Selain Muhammad Salah, adalah Kiper Essam El Hadary akan menjadi sorotan pada Worldcup 2018 nanti. Di usianya yang memasuki 44 tahun, El Hadary masih kokoh di bawah mistar Mesir. 

Jika El Hadary tampil di Rusia tahun depan, maka ia akan menjadi pemain tertua yang turun di Piala Dunia melewati rekor kiper Kolombia Farid Mondragon yang tampil di Brasil 2014 ketika berusia 43 tahun 3 hari. Jadi nggak sabar untuk menonton Salah dan kawan-kawan beraksi. Sekian EyeSoccer profil kali ini,  sampai jumpat di video selanjutnya ya. Salam Eyesoccer

Bagaimana reaksi Anda tentang video ini?

Komentar