Ini Bukti Keseriusan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022
  • 8 bulan lalu
  • -
  • oleh Fadia Sekar
  • -
  • 472 diputar
  • 0
  • Share
  • more_horiz
Tambahkan ke Laporkan

Hi, EyeSoccermania,

Udah pernah tau belum nih kalau Indonesia pernah mengajukan pencalonan untuk Piala Dunia FIFA 2022?

 

Yup, di tanggal 19 Maret 2010, tepatnya 8 tahun yang lalu PSSI menunjukan keseriusannya untuk meramaikan persepakbolaan Indonesia dengan maju menjadi tuan rumah piala dunia untuk pertama kalinya.

 

Ada 4 negara Asia yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia di Asia untuk kedua kalinya setelah Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2002 .

 

Nggak percaya? Bluprint berikut ini menjadi buktinya.

Akan ada sekitar 12 stadion yang akan disulap menjadi panggung international.

 

Stadion pertama adalah BMW Stadium yang akan dibangun di Tanjung Priok, Jakarta dengan kapasitas 75.525

 

 

Stadion yang kedua adalah Mayadenwa Stadion. Stadion ini  bertepat di tanjung benoa, Bali, dengan kapasitas 58.300, stadion ini memiliki jarak tempuh hanya 5 menit dari airport.

 

Kota istimewa Jogjakarta menjadi panggung selanjutnya.Bernama 4G Garuda Jaya Stadium, stadion ini akan dibangun di Adi Sucipto International Airport Complex, Meredan. Dengan desain burung garuda yang menawan, stadion ini akan dibuat dengan retracble roof atau atap yang dapat dibuka tutup.

 

Sultan Hasanuddin Sport Komplex,

Stadion yang dapat menampung 89.875 penonton ini didesain seperti layaknya rumah adat Makasar. Hanya 5 menit dari bandara, stadion ini menjadi stadion dengan kapasitas terbesar dari seluruh stadion yang ada.

 

Kota selanjutnya adalah Semarang.

Dengan nama djarum eco stadium, stadion ini menjadi stadium yang menggunakan renewable energy. Terdapat solar panel yang bisa menghasilkan energy listrik sebesar 21.385 killow watt, energy yang cukup besar untuk menghidupi listrik seluruh stadion.

 

Gimana, keren-keren kan stadionnya? Tapi tunggu dulu, ternyata

Bluprint tersebut belum dapat diwujudkan nih, karena ternyata FIFA menolak pencalonan Indonesia karena Indonesia adalah satu-satunya negara pencalon yang tidak mendapat dukungan resmi dari pemerintah pada saat itu.

 

Walaupun ada dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, pemerintah berfikir masih banyak rakyat yang membutuhkan uang untuk pangan, sedangkan disisi lain pemerintah giat membangun untuk persiapan piala dunia.

Ini akan menjadi paradox dan konflik di masyarakat. Semoga saja untuk pengajuan tuan rumah piala dunia selanjutnya Indonesia sudah siap lahir batin ya Eyesoccermania..

Bagaimana reaksi Anda tentang video ini?

Komentar
Highlight Menampilkan 10 video