INFO

Nama Klub : PERSETA TULUNGAGUNG
Julukan : Laskar Badai Selatan
Tanggal Berdiri : -
Alamat Sekretariat :

Liga Indonesia 3

Level Liga : Liga Indonesia 3
No. Telp :
Fax :
Manajer :
Pelatih :
Jumlah Pemain : 0 Pemain
Email :
Stadium : Stadion Rejoagung, Tulungagung Jawa Timur

Sejarah

Persatuan Sepak Bola Tulungagung atau Perseta merupakan sebuah tim sepak bola asal TulungagungJawa Timur. Klub ini sekarang berkompetisi Divisi Utama Liga Indonesia pada musim 2014.

Perseta kali pertama didirikan pada tahun 1970 dengan nama Persit Tulungagung dan memiliki julukan Kera WarekKera Warek (Macaca fascicularis) merupakan fauna identitas Kabupaten Tulungagung. Persit diberi julukan Kera Warek karena kera ini mempunyai kecerdikan, kelincahan, dan kecepatan, sehingga Persit Tulungagung diharapkan mempunyai karakter-karakter tersebut, yang akan menjadikan Persit sebagai klub yang produktif dan berprestasi.

Di era 80 dan 90 an ini, Persit Tulungagung berganti nama menjadi Perseta Tulungagung dengan julukan Laskar Badai Selatan. Dengan nama dan julukan baru Perseta, yaitu Laskar Badai Selatan, Perseta diharapkan bisa menjadi seperti badai di laut selatan Jawa yang menggelegar dan merusak apa yang ada di hadapannya, sehingga bisa lebih berprestasi dan mengharumkan nama Tulungagung di kancah sepak bola nasional.

Pada era 2000an ini, Perseta mulai membuktikan julukannya sebagai Laskar Badai Selatan, yaitu sebagai badai perusak. Puncaknya adalah pada tahun 2006 saat Perseta berhasil menjuarai Divisi 3 Liga Indonesia[1]. Sejak saat itu, Perseta mulai berbenah untuk menapak lebih tinggi di kompetisi Liga Indonesia. Pada tahun 2010, Perseta berhasil promosi ke Divisi 2, dan setahun berselang, tahun 2011, Perseta masuk dalam jajaran tim papan atas Divisi 2 dan berhak promosi ke Divisi 1. Pada tahun 2012, Perseta masuk 12 besar Divisi 1 dan menempati peringkat 4 Grup B. Pada tahun 2013, Perseta berhasil promosi ke Divisi Utama. Sebagai tim promosi, Perseta mencatat prestasi mengesankan pada musim pertama di Divisi Utama, dengan berhasil menembus ke babak 12 Besar.

Prestasi Klub

NO Bulan Tahun Turnamen peringkat pelatih

Galeri