INFO

Nama Klub : PERSIGAR GARUT
Julukan : Domba Garut
Tanggal Berdiri : 28 Sep 1949
Alamat Sekretariat : Garut, Jawa Barat

Liga Indonesia 3

Level Liga : Liga Indonesia 3
No. Telp :
Fax :
Manajer :
Pelatih :
Jumlah Pemain : 0 Pemain
Email :
Stadium : Jayaraga, Garut Jawa Barat

Sejarah

Persigar Garut (singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia Garut) adalah sebuah klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Garut. Persigar Garut saat ini berlaga di Liga Nusantara

 

GARMAN singkatan dari GARUT MANIA adalah supporter Persigar Garut, meskipun Persigar Garut bertanding di kandang lawan GARMAN selalu ada untuk mendukung Persigar Garut. GARUT MANIA' atau dikenal dengan Garman adalah kelompok pendukung kesebelasan sepak bola Indonesia, Persigar Garut yang berdiri 28 September 1949 Yg Masih Berlaga Di Liga Nusantara.

 

Persiga Yang Lahir 28 September 1949 Yang Berasal Dari kota Garut Yg Bermarkas Di Stadion Jayaraga Era Keemasan Persigar yaitu hingga sekarang pemain dari Kabupaten Garut selalu menjadi incaran klub luar. Mulai era pemain 1960-an, berlanjut ke era 1980-an semisal Adeng Hudaya, Uut Kuswendi yang bermain di Tim Nasional dan Persib Bandung, atau pemain sekarang era Zaenal Arief, Johan Juansyah, Rudi Geovani, dan lainnya. Bagi pelaku sejarah sepak bola di Garut, hal itu wajar-wajar saja. Pada 1960-an prestasi sepak bola Garut atau Persigar sempat mengharumkan Jawa Barat. Dimana salah satunya adalah berkat dorongan dari H. Daim Kusnadi yang merupakan salah satu motor penggerak jayanya persigar di masa tersebut. Kala itu, Persigar tinggal satu langkah lagi masuk ke Divisi Utama Perserikatan Nasional. Sayangnya dewi fortuna belum berpihak ke kabupaten yang kini masuk kategori daerah tertinggal tersebut. pada Tahun 1968 Persigar yang diperkuat oleh Dadeng Sukardi, Anton, Syamsi, Toto Rach-mat, Dindin, Masdar, dan lainnya, dikalahkan PSP Padang dengan skor tipis 1-2. “Saat itu Persigar gagal ke Divisi Utama. Yang Dulu bergulir Masih Perserikatan,yang Waktu itu Persigar sangat ditakuti tim lain,” mengenang. Prestasi serupa nyaris dialami Persigar tahun 2002 saat Garut di pimpin oleh bupati kharismatik, H. Dede Satibi. Data yang dihimpun “KP”, pada tahun itu Persigar dilatih (Alm.) Dede Irawan.Yang diperkuat oleh Agus Kurnia (Pelatih Persigar saat ini), Edi Hafid Murtado (kini pemain Pelita Bandung Raya, dan beberapa pemain lainnya.Dan pada babak penyisihan pun Persigar sempat mengalahkan tim Persibo Bojonegoro yang kini masuk Liga Primer Indonesia (IPL), lalu Persiba Bantul, dan PS Madiun yang kini masuk Divisi Utama. “Namun Lagi-Lagi Persigar gagal di Binjai, Sumatra. Yang di sayang kan Persigar gagal karena masalah teknis. Tak hanya di lapangan melainkan di luar lapangan pula,” Pada tahun 1998 Persigar Senior lolos promosi ke Divisi I .

Prestasi Klub

NO Bulan Tahun Turnamen peringkat pelatih

Galeri