Yusuf Mansur Bantu Indra Sjafri Wujudkan Mimpi Besar Sepak Bola Indonesia

Yusuf Mansur Bantu Indra Sjafri Wujudkan Mimpi Besar Sepak Bola Indonesia
Credit : Ustadz Yusuf Mansur (kiri) bersama Indra Sjafri di kantor ISYM/Foto: Mohamad Kusnaeni
profil foto

JAKARTA – Ada ide besar di balik lahirnya “Indra Sjafri Football Academy” (ISFA) yang hari ini diresmikan di Gedung Office 8, Jakarta, Kamis (15/2/2018) siang. Bukan sekadar melahirkan bibit-bibit baru pemain nasional, tapi lebih dari itu untuk mewujudkan mimpi besar Indra Sjafri membangun sepak bola Indonesia.

“Kita tahu seluruh rakyat Indonesia bermimpi tim nasional kita main di Piala Dunia. Saya akan bantu ikhtiar coach Indra Sjafri untuk mewujudkannya,” kata ustadz Yusuf Mansur. “Akademi ini hanya salah satu bentuk ikhtiar kami. Lebih dari itu, kami juga akan coba menggerakkan sepak bola Indonesia secara keseluruhan melalui sebuah holding company.”

Perusahaan induk itu diberi nama Indra Sjafri Yusuf Mansur Management (ISYM). Di sana, Indra menempati posisi sebagai CEO, sementara Yusuf Mansur sebagai Komisaris Utama. Keduanya telah menggodok konsep tersebut selama dua bulan terakhir.

Selain mendirikan ISFA yang akan berlokasi di Bontang, Kalimatan Timur, ISYM juga sudah mengembangkan sayap dengan mengakuisisi klub Liga 3, Persikota Tangerang. Klub lain yang kabarnya juga akan diakuisisi adalah Persika Karawang yang main di Liga 2.

“Kami akan menangani manajemen dan pengelolaan tim-tim tersebut supaya sehat secara finansial dan berprestasi sehingga akhirnya bisa naik ke liga yang lebih tinggi melalui jalur yang halal,” kata Yusuf Mansur sambil tersenyum. “Setelah beberapa waktu, kami akan serahkan kembali pengelolaannya kepada stakeholders klub-klub tersebut. Ini sedang kami siapkan mekanismenya nanti seperti apa.”

Tak sebatas itu yang ingin digarap ISYM. Menurut Indra Sjafri, mereka juga akan aktif berperan sebagai event organizer dengan menggelar berbagai aktivitas seperti coaching clinic dan kejuaraan sepak bola usia muda. Termasuk rencana membantu seribu pelatih berbakat mengikuti kursus lisensi C AFC.

“Bahkan nantinya tidak mustahil kami juga akan berperan sebagai agensi pemain,” Indra Sjafri menegaskan. “Ini penting supaya pemain-pemain berbakat yang kami bina melalui akademi di Bontang itu nantinya juga dapat tersalurkan ke klub dan melanjutkan kariernya.”

Cukup ambisius dan luar biasa, memang, gebrakan yang ingin dilakukan duet Indra Sjafri bersama sang ustadz. Bisa dibilang, semua bidang sepak bola dari hulu hingga hilir tak luput dari garapan mereka.

"Yang pasti, dengan adanya perusahaan ini, saya ingin berbuat lebih besar untuk sepak bola Indonesia,” Indra Sjafri menegaskan. “Saya juga mohon doa dan dukungan dari berbagai pihak karena ini ujungnya adalah untuk kemajuan sepak bola kita.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar