Wow, Kazu Miura Masih Akan Bermain di Usia 51 Tahun!

Credit : Miura saat beraksi dengan kostum Yokohama FC/Foto: Istimewa
profil foto

YOKOHAMA – Seperti tak ada akhirnya, legenda hidup sepak bola Jepang, Kazuyoshi Miura, belum juga berencana gantung sepatu. Menjelang ulang tahunnya yang ke-51 pada 26 Februari 2018 nanti, “King Kazu” –julukannya—baru saja menandatangani kontrak baru bersama klubnya saat ini, Yokohama FC.

Berita tentang perpanjangan kontrak Miura ini dikonfirmasi langsung melalui situs resmi Yokohama FC, Kamis (11/1/2018). Perpanjangan kontrak itu menjadi bukti bahwa Miura masih sanggup berlari dan bersaing di kompetisi profesional.

Bergabung sejak tahun 2005 bersama klub kasta kedua Liga Jepang itu, Miura memang menjelma jadi figur penting bagi Yokohama. Ia bukan sekadar pelengkap karena setiap musimnya masih main di atas 10 kali.

Ia pun berharap masih dapat berkembang sebagai pesepak bola dengan kontrak baru. “Saya selalu bermain dengan hati dan berharap dapat selalu berkembang sebagai pesepak bola,” ujar Miura dikutip dari Kyodo News.

Dengan kontrak baru ini, Miura akan memasuki tahun ke-33 sebagai pesepak bola profesional. Terhitung sejak ia mengembara ke Brasil untuk mengejar mimpinya jadi pesepak bola dalam usia 15 tahun.

Ia akhirnya bergabung ke salah satu klub besar di “Negeri Samba” tersebut, Santos. Sebelum pulang ke Jepang, beberapa klub dengan reputasi tinggi di luar negeri sempat ia bela, seperti Palmeiras, Genoa, dan Dinamo Zagreb.

Tahun 2017, King Kazu mencatatkan status sebagai pemain tertua yang bermain di pertandingan sepak bola profesional. Usianya kala itu mencapai 50 tahun lebih 7 hari, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang legenda sepak bola Inggris, Sir Stanley Matthews, dengan usia 50 tahun lebih 5 hari.

Ia juga memecahkan rekor sebagai pencetak gol tertua di usia 50 tahun lebih 14 hari, lagi-lagi mengalahkan rekor Matthews. Sepanjang kariernya, total 168 gol sudah dicetaknya untuk empat klub Jepang: Yokohama FC, Vissel Kobe, Kyoto Purple Sanga, dan Yomiuri/Verdy Kawasaki.

Bersama timnas Jepang, Miura bermain 89 kali dengan torehan 55 gol. Apapun pencapaiannya bersama Yokohama pada musim 2018 ini, semangatnya patut jadi teladan untuk generasi yang lebih muda. Banzai! *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar