Wow! Debut Van Dijk Langsung Jadi Pahlawan Kemenangan Liverpool

Wow! Debut Van Dijk Langsung Jadi Pahlawan Kemenangan Liverpool
Credit : Gol Virgil van Dijk/FOTO: AFP
profil foto
  • Busthomi -
  • 06 Jan 2018 08:00:11 -
  • 248 views

LIVERPOOL – Luar biasa aksi Virgil van Dijk di laga debutnya bersama Liverpool. Tak cuma bermain apik tapi langsung menjadi penentu kemenangan di laga derby Marseyside kontra Everton di ajang Piala FA putaran ketiga di Anfield, Sabtu (6/1/2017) dini hari WIB.

Laga yang berjalan panas itu dimenangi “The Reds” dengan skor 2-1 melalui gol James Milner dari titik putih. Kemudian disamakan Gylfi Sigurdsson dan akhirnya bek termahal di dunia itu menjadi penentu kemenangan lewat golnya itu. Harga mahal yang sudah dikeluarkan sepertinya terlupakan sesaat dengan aksi impresifnya itu.

Seperti biasa, laga derby Merseyside ini berjalan panas. Tapi tim tuan rumah yang mengambil insiatif agresivitas sejak menit awal. Apalagi mereka bermain di depan publik sendiri. Ditambah lagi Jurgen Klopp memainkan bintang anyarnya itu sejak menait awal untuk mengobati rasa penasaran pendukung Liverpool.

Usai berkali-kali mengancam, mereka akhirnya mendapat gol melalui hadiah penalti di menit ke-34. Berawal dari aksi Adam Lallana yang mencoba lolos dari hadangan Mason Holgate malah dijatuhkan di kotak terlarang.

Milner yang maju sebagai algojo melaksankan tugasnya dengan sempurna untuk menaklukan Jordan Pickford. Gol ini ternyata menjadi gol satu-satunya di babak pertama. Hingga peluit dibunyikan skor tetap 1-0.

Mengawali babak kedua, “The Reds” terus melangsungkan serangannya untuk menambah keunggulan. Di sisi lain tim tamu juga tak mau terus-terusan diserang, makanya Sam Allardyce menarik bintangnya Wayne Rooney yang bermain kurang menyengat dengan Ademola Lookman di menit ke-52.

Akhirnya, tim tamu malah bisa menyamakan keunggulan.  Sebuah serangan balik diakhiri dengan tembakan mendatar oleh Sigurdsson yang membuat Loris Karius hanya terpana melihat bola masuk ke gawangnya di menkit ke-67. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Situasi ini memaksa Klopp untuk meningkatkan serangan mereka. Sang pelatih pun memasukkan Georginio Wijnaldum menggantikan Lallana, Joe Gomez diganti Dominic Solanke dan Trent Alexander-Arnold menggantikan James Milner.

Publik Anfield akhirnya bergemuruh. Banyak menyerang, “The Reds” bisa kembali unggul di menit ke-84. Gol ini berawal dari sepak pojok yang ditendang Alex Oxlade-Chamberlain. Dengan sempurna bek termahal di dunia seharga 75 juta Pounds itu melakukan tandukan yang tak mampu dihalau kiper “The Toffees” itu.

Everton sempat memiliki beberapa kesempatan menyamakan kedudukan di sisa laga, tapi tak ada satupun yang berbuah manis. Di laga itu tim tuan rumah sangat mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola sebanyak 62 persen dan sisanya milik tim tamu.

Liverpool juga memiliki 14 kali upaya tendangan ke gawang dan 4 yang on target, adapun Everton cuma melakukan 4 tendangan ke gawang dan  sekali yang on target.

Laga ini juga sempat terhenti karena adanya kericuhan antara Roberto Firmino yang didorong terlalu keras ke luar lapangan oleh Holgate. Meski tensi meninggi, namun keduanya lolos dari hukuman kartu kuning. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool tetap tak berubah. Dan “The Reds” berhak melaju ke putaran keempat.

Susunan Pemain

Liverpool (4-2-3-1): Karius; Gomez (Solanke 77'), Matip, Van Dijk, Robertson; Milner (Alexander-Arnold 77'), Can; Oxlade-Chamberlain, Lallana (Wijnaldum 70’), Mane; Firmino. Pelatih: Jurgen Klopp

Everton (4-2-3-1): Pickford; Kenny, Holgate, Jagielka, Martina; McCarthy (Davies 86'), Schneiderlin; Sigurdsson, Rooney (Lookman 52'), Bolasie; Calvert-Lewin (Niasse 82'). Pleatih: Sam Allardyce. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar