Turunkan Skuat Inti, Kemenangan MU Atas Derby Ditentukan di Menit Akhir

Turunkan Skuat Inti, Kemenangan MU Atas Derby Ditentukan di Menit Akhir
Credit : Gol Lukaku/FOTO: Reuters
profil foto
  • Busthomi -
  • 06 Jan 2018 08:45:01 -
  • 230 views

MANCHESTER – Jose Mourinho benar-benar membuktikan janjinya untuk tak meremehkan laga putaran ketiga Piala FA kontra tim kasta kedua, Derby County. Belaga di Old Trafford, Sabtu (6/1/2-2017), pasukan “Setan Merah” menurunkan nyaris skuat intinya. Cuma tanpa David De Gea dan Nemanja Matic.  

Meski begitu, mereka harus susah payah untuk bisa mencetak gol di laga itu. Kemenangan 2-0 pun baru tercipta hingga menit-menit akhir melalui aksi Jesse Lingard di menit ke-84 dan juru gedor mereka, Romelu Lukaku yang sudah pulih dari cedera kepalanya di menit ke-90.

Sebagai tim tuan rumah, Manchester United (MU) memang mengambil inisiatif penyerangan sejak menit awal. Mereka pun mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola hingga 67 persen dan 33 persen milik tim tamu.

Mereka juga melakukan tendangan ke gawang sebanyak 28 kali dengan 10 sepakan yang on target. Adapun tim tamu bisa menyerang dengan 11 kali tembakan ke gawang dengan dua kali tendangan yang mengarah langsung ke gawang.

Banyak menyerang, namun Paul Pogba cs belum juga bisa mengkonversi peluang menjadi gol. Disiplinnya lini belakang mereka dan aksi kiper tim tamu yang bagus membuat tak ada gol yang tercipta sampai menit ke-45 itu. Skor 0-0 masih tetap bertahan hingga peluit panjang dibunyikan di paruh pertama.

Kembali dari ruang ganti atau di menit ke-46, pelatih MU itu langsung memasukan striker andalannya, Lukaku menggantikan Henrikh Mkhitaryan. Ternyata masuknya pemain yang baru pulih dari cedera kepalanya ini menambah daya gedor serangan MU. Namun belum juga ada gol.

Mourinho kemudian memasukan Anthony Martial di menit ke-67 untuk menarik Juan Mata, dan Marcus Rashford dengan Marouane Fellaini di menit ke-80 untuk membongkar lini pertahanan tim lawan.

Akhirnya, kehadiran Lukaku memberikan imbas penting bagi “The Red Devils”. Memang tidak instan, tetapi pemain ini terlibat dalam penciptaan dua gol tersebut. Untuk yang pertama, striker timnas Belgia itu memberikan assist untuk gol Lingard.

Lukaku berperan sebagai tembok yang memantulkan bola di depan kotak penalti. Bola diberikan kepada Lingard yang melepas tembakan keras dan berbuah gol indah pada menit ke-84.

Kemudian top scorer MU itu juga mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90. Melakukan umpan satu-dua dengan Martial, Lukaku sukses membawa bola ke kotak penalti dan kemudian mencetak gol yang memastikan kemenangan pasukan Mourinho dalam laga ini.

Skor 2-0 ini tetap bertahan hingga sang pengadil lapangan hijau meniup peluit panjangnya. Kemenangan ini membuat MU pun lolos ke babak selanjutnya. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar