Tuan Rumah Maroko Juara Piala Afrika Khusus Pemain Domestik

Tuan Rumah Maroko Juara Piala Afrika Khusus Pemain Domestik
Credit : Para pemain Maroko merayakan kemenangan/Foto: AS
profil foto

RABAT – Tuan rumah Maroko tampil sebagai juara Afrika setelah memenangi final Piala Negara Afrika (African Nations Championship/ANC) 2018. Pada partai puncak yang digelar di Stadion Mohamed V, Rabat, Minggu (4/2/2018) malam, Maroko berhasil menang telak atas Nigeria dengan skor 4-0.

Gol kemenangan tim nasional Maroko masing-masing dicetak oleh Zakaria Hadraf (menit ke-45, 64'), Walid El Karti (61'), dan Ayoub El Kaabi (73'). Kemenangan terasa mudah bagi Maroko karena di final Nigeria kehilangan satu pemainnya yang terkena kartu merah.

ANC sendiri berbeda dengan gelaran Piala Afrika atau African Cup of Nations (ACN). Kedua ajang ini sama-sama digelar bergantian setiap dua tahun sekali. ANC dilakukan pada tahun genap, sedangkan ACN atau Piala Afrika pada tahun ganjil.

Masih ada lagi perbedaan lainnya. Untuk Piala Afrika, setiap timnas boleh memanggil semua pemain terbaik mereka yang bermain di liga-liga mancanegara. Sedangkan untuk ANC, khusus menggunakan pemain yang berlaga di kompetisi domestik. Jadi, bisa disebut “Piala Afrika khusus pemain domestik”.

Bagi Maroko, ini pertama kalinya mereka menjuarai ANC dan berhak atas hadiah 1,25 juta dolar AS (setara Rp 16,9 miliar). Republik Demokratik Kongo menjadi satu-satunya negara yang pernah dua kali juara pada 2009 dan 2016.

Tuan rumah juga menempatkan strikernya, Ayoub el Kaabi, sebagai pencetak gol terbanyak. Total ia mencetak sembilan gol dalam kejuaraan yang berlangsung pada 13 Januari hingga 4 Februari 2018 ini. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar