Timnas Argentina Minta Barcelona Batasi Messi Bermain

Oleh Aditya Gilang - 14 Feb 2018 16:00:09
Credit : Lionel Messi saat bermain untuk Barcelona/Foto: AS

BARCELONA – Alasan mengapa sekarang Lionel Messi mulai dibatasi bermain oleh pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mulai terungkap. Rupanya ini bukan soal strategi semata. Ternyata juga ada permintaan khusus dari Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) kepada klub raksasa La Liga asal Catalan itu.

Adalah Presiden AFA, Claudio Tapia, yang mengungkapkan hal tersebut. Ia mengaku sudah bicara langsung dengan Messi dan petinggi klub Barcelona soal harapannya agar sang megabintang tampil dalam kondisi prima pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Meskipun tidak berpengaruh secara langsung, namun permintaan Tapia tampaknya diperhatikan oleh Barcelona. Messi memang masih dominan dengan bermain 33 kali dari total 39 laga “Blaugrana” musim ini. Namun Valverde mengistirahatkannya dari tiga partai Copa del Rey yang sudah berjalan.

Valverde untuk pertama kalinya tak mencantumkan Messi sebagai starter saat melawan Espanyol pada 4 Februari 2018. Ia baru memainkan striker berumur 30 tahun itu sebagai pengganti untuk memastikan timnya meraih hasil seri 1-1.

“Saya berharap semua pemain Argentina bermain dalam kondisi seperti sekarang pada Piala Dunia nanti,” kata Tapia lagi. “Sergio Aguero kini bermain luar biasa di Manchester City. Messi juga selalu bermain dengan performa terbaik. Itu sangat penting bagi staf pelatih tim nasional Argentina.”

“Saya sendiri sudah bicara langsung dari hati ke hati dengan Messi,” Tapia mengungkapkan. “Saya minta dia memperhatikan secara serius kebugarannya dan sedikit mengurangi menit bermainnya untuk Barcelona.”

Sebelum menuju Rusia, Tapia mengaku sudah menyiapkan uji coba bagi Argentina melawan “tim nasional” Catalan. Duel itu akan mempertemukan Messi dengan sejawatnya di Barcelona, seperti Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan Gerard Pique.

“Pelatih tim nasional, Jorge Sampaoli, bilang kepada saya bahwa itu ide bagus,” kata Tapia, senang. “Bagus dari sudut pandang sepak bola dan juga penting bagi kami secara finansial. Kami masih bekerja untuk merealisasikan rencana ini.” *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami