Tim Putri Filipina Siap Bikin Kejutan di Kejuaraan Asia

Credit : Para pemain timnas putri Filipina/Foto: AFC
profil foto

CALIFORNIA – Tekad Filipina membuat kejutan di ajang AFC Women’s Asian Cup Jordan 2018 sangat besar. Untuk itu, mereka mengirim tim nasional (timnas) putri Filipina untuk berlatih di Amerika Serikat (AS) selama 100 hari.

Kamp pelatihan itu digelar di Corona, California. Di sana, timnas putri Filipina yang terdiri dari 40 pemain di bawah bimbingan pelatih Richard Boon mencoba membangun tim yang solid untuk bersaing dengan raksasa Asia lainnya.

“Kami ingin tampil maksimal di Yordania nanti,” kata Inna Palacios, kiper sekaligus kapten timnas putri Filipina. “Aneh rasanya jauh dari rumah. Apalagi kami akan menjalaninya sampai April nanti. Tapi kami sadar harus melakukan persiapan yang terbaik.”

“The Malditas”, julukan timnas putri Filipina, baru saja membuat sejarah tahun lalu. Untuk pertama kalinya, Filipina lolos dari fase kualifikasi dan tampil di salah satu kejuaraan level Asia.

Putaran final di Yodania membuka peluang lebih besar lagi bagi Filipina. Sebab ada lima tim terbaik yang akan mendapatkan tiket lolos ke FIFA Women’s World Cup di Prancis, tahun 2019.

Di Yordania, Filipina akan tergabung di grup yang lumayan berat. Ada tim kuat China, lalu ada pula Thailand dan tuan rumah Yordania.

“Tampil di putaran final kejuaraan Asia akan menjadi pengalaman hebat bagi kami,” kata bek veteran Patrice Impelido. “Saya merasakan tekanan itu, tapi sekaligus juga merasa bangga.”

Yang menarik, timnas putri Filipina itu rupanya gabungan para pemain lokal terbaik dan diaspora alias keturunan Filipina yang bermukim di AS. Hanya ada tujuh pemain lokal dari Filipina. Termasuk Impelido.

Namun, sejatinya, Impelido juga diaspora karena dilahirkan di AS dan pernah main di kompetisi sepak bola putri Divisi Satu di “Negeri Paman Sam” itu. “Latar belakang itu membuat tanggung jawab saya jadi lebih besar,” katanya, mengakui. “Tapi saya siap berbagi pengalaman dengan rekan-rekan yang lain.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar