Ternyata, Tim Terbaik Eropa Saat Ini Adalah Viktoria Plzen

Oleh Aditya Gilang - 12 Jan 2018 17:30:03
Credit :

BANYAK orang mengira tim terbaik di Eropa saat ini adalah Barcelona yang tengah memimpin klasemen La Liga dengan keunggulan 16 poin atas rival abadinya, Real Madrid. Sebagian orang lagi mengira tim tersebut adalah Manchester City yang kini menguasali puncak klasemen Liga Primer.

Ternyata keduanya keliru. Berdasarkan statistik performa setiap klub di kompetisinya masing-masing, ternyata tim terbaik saat ini adalah Viktoria Plzen. Ya, ini tim yang sekarang memimpin klasemen sementara Liga Ceko 2017/18.

Hingga pekan ke-16, Plzen tercatat berada di posisi puncak dengan 46 poin. Hasil 15 kali menang dan hanya sekali imbang dengan selisih gol 34-5. Satu-satunya lawan yang bisa mencuri poin dari Plzen adalah FK Tepilce yang menahan imbang 0-0 pada 26 November 2017.

Plzen tercatat meraih rata-rata 2,9 poin dari seluruh laga yang dijalaninya musim ini. Tim asuhan Pavel Vrba itu juga unggul 14 poin atas peringkat kedua, Slavia Prague.

Satu-satunya tim yang bisa mendekati performa Plzen adalah Manchester City. Tim asuhan Pep Guardiola itu juga meraih rata-rata 2,9 poin dari 22 pertandingan dengan hasil 20 kali menang dan dua kali imbang. Selisih golnya adalah 64-13.

Namun posisi City tetap masih di bawah Plzen sebab persentase kemenangannya hanya 91 persen (20 dari 22 laga) dengan 62 poin dari kemungkinan 66. Adapun persentase kemenangan Plzen mencapai 94 persen (15 dari 16 pertandingan) dengan 46 poin dari kemungkinan 48.

Sementara itu, tim asuhan Ernesto Valverde menduduki posisi ketiga sebagai tim terbaik Eropa saat ini. Mereka meraih 15 kemenangan plus tiga imbang hingga jornada ke-18 La Liga. Artinya, persentase kemenangan “Blaugrana” adalah 83 persen dengan perolehan poin rata-rata 2,7 per game.

Di posisi selanjutnya, baru muncul klub superkaya Paris Saint Germain (PSG). Dengan 16 kemenangan dari 19 pertandingan, PSG mencatat rata-rata 2,63 poin per pertandingan. Selain sempat dua kali imbang, PSG juga sudah sekali menderita kekalahan 1-2 dari Strasbourg pada pekan ke-16 Ligue 1.

Di luar kelompok empat besar tersebut, baru muncul nama-nama besar lain, seperti FC Porto (Portugal) dan Bayern Muenchen (Jerman). Yang mengejutkan adalah munculnya klub raksasa Liga Serbia, Red Star Belgrade, di kelompok 10 besar.

Red Star mencatat 82 persen kemenangan hingga pekan ke-22 dengan hasil: 18 kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah. Dengan rata-rata 2,6 poin/laga, performa Red Star bahkan masih lebih baik dibanding klub elite semacam Juventus, Manchester United, atau Atletico Madrid. *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami