Tak Seperti Tim Rival, Guardiola Sebut Man City Sekarang Tengah Mengukir Sejarah

Tak Seperti Tim Rival, Guardiola Sebut Man City Sekarang Tengah Mengukir Sejarah
Credit : EPA
profil foto
  • Busthomi -
  • 16 Apr 2018 16:38:52 -
  • 146 views

MANCHESTER – Manchester City baru saja dinobatkan sebagai juara Liga Primer musim 2017/18. Hal ini bisa dipastikan usai tim rival mereka, Manchester United secara mengejutkan dikalahkan West Bromwich Albion dengan skor 0-1, di Old Trafford, semalam.

Sementara tim Pep Guardiola itu sehari sebelumnya telah mengalahkan Tottenham Hotspur di Wembley dengan kedudukan 3-1. Sebetulnya, sekalipun MU menang semalam, mereka tetap bisa menjuarai Liga Primer jika pekan depan mereka menang, dan tak peduli apa hasil yang akan dialami “Setan Merah”.

Namun begitu kekalahan tersebut juga membuat City menyamai rekor “The red Devils” yang bisa juara di pekan ke-33 atau lima laga tersisa. Keberhasilan itu menyamai rekor yang dipegang tetangganya, MU ketika berhasil juara di musim 2000/01 dengan menyisakan lima laga lagi.

Dan kini, mereka telah mendulang tiga trofi Liga Primer dalam tujuh tahun terakhir, yaitu di musim 2011/12, 2013/14, dan musim 2017/18 ini. Dan menurut Pep Guardiola, kiprah City saat ini tengah merajut sejarah baru. Karena timnya memang tak seperti tim rival yang memiliki sejarah besar dengan kejayaan masa lalunya.

Dan saat melawan Tottenham lalu yang menentukan gelar juara itu, Guardiola sudah melihat bahwa timnya saat ini sudah menunjukkan kualitas klub besar.

“Melawan Tottenham [para pemain] menunjukkan betapa kuatnya kami ini,” kata pelatih asal Spanyol itu. “Itu penting untuk membangun klub.”

“Apalagi memang, City itu tidak seperti MU, Liverpool, Chelsea atau Arsenal. Dan Anda tahu, klub-klub besar di Inggris itu memiliki sejarah besar di belakang mereka,” dia menjelaskan.

“Jadi kadang-kadang Anda harus melakukan hal-hal semacam ini [memotivasi pemain] untuk berpikir,” katanya lagi. “Dan wow, kami ini tim yang baik. Kami juga bagus, seperti yang lain [tim rival].”

“Dan mungkin itu membantu kami. Itu adalah targetnya [menjadi tim besar],” kata mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu. “Tentu saja itu tidak akan terjadi di musim depan yang sama. Itu tidak mungkin. Tapi akan berusaha.”

“Dan Anda [para pemain] harus berusaha menjadi lebih konsisten musim depan,” dia menambahkan. “Ini akan lebih rumit untuk klub, para pemain, dan semua bagian di klub di musim depan. Dan bagi orang lain semakin percaya bahwa kami ini tim yang baik. Manchester City adalah klub yang bagus. Itu akan bagus.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar