Stadion di Arab Saudi Kini Boleh Dimasuki Suporter Perempuan

Stadion di Arab Saudi Kini Boleh Dimasuki Suporter Perempuan
Credit : Penonton wanita di pertandingan Liga Arab Saudi/Foto: Istimewa
profil foto

JEDDAH – Ada pemandangan berbeda di Stadion King Fahd, Jumat (13/1/2018) malam waktu setempat. Untuk pertama kalinya, di dalam stadion tampak para penonton dari kaum Hawa ikut menyaksikan laga Liga Arab Saudi antara AlAhli melawan Al Batin.

Ini merupakan gebrakan kedua gelombang reformasi kesetaraan gender yang melanda negeri kaya minyak itu. Sebelumnya, pada bulan Juni tahun 2017, Pemerintah Arab Saudi lebih dulu sudah mengizinkan kaum perempuan untuk pertama kalinya mengemudikan mobil sendiri tanpa didampingi muhrimnya.

Untuk urusan sepak bola, keleluasaan menonton yang diberikan Pemerintah Arab Saudi juga bukan tanpa batas. Penonton wanita tetap dipisahkan dari kaum Adam. Kecuali bagi wanita yang menonton bersama suami dan anak-anak mereka.

Saat pertama kali tiba di stadion, kaum perempuan juga harus menuju ke area parkir khusus wanita. Selanjutnya mereka juga memasuki stadion melalui pintu khusus yang bertuliskan “Selamat Datang Keluarga Saudi” dalam bahasa Arab.

Pihak penyelenggaran pertandingan Al Ahli kontra Al Batin melakukan pengamanan ketat untuk laga perdana yang disaksikan wanita di Arab Saudi ini. Petugas keamanan wanita dengan rompi oranye terang dikerahkan untuk pertandingan hari itu demi mengamankan penggemar wanita untuk pertama kali berada di stadion. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar