Siapakah Negara Asia Pertama yang Menjadi Peserta Piala Dunia?

Siapakah Negara Asia Pertama yang Menjadi Peserta Piala Dunia?
Credit : Tweet-an FIFA/Foto: Twitter FIFA
profil foto
  • Ridhoni -
  • 31 Jan 2018 16:44:42 -
  • 528 views

PIALA dunia merupakan salah satu event sepakbola terbesar di dunia yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penikmat sepakbola di seluruh dunia. Terutama para penggemar yang negaranya lolos ke putaran final Piala Dunia untuk bergabung dalam fase grup.

Namun, tahukan anda? Siapa negara dari Asia pertama yang mengikuti ajang sepakbola sejagad tersebut. Jawabannya adalah The Dutch East Indies, mungkin banyak yang bertanya-tanya darimanakah negara tersebut berasal.

The Dutch East Indies sendiri merupakan nama lain dari Indonesia sebelum kemerdekaan. Hal tersebut diakui oleh tweet-an dari FIFA yang memberikan keterangan bahwa negara Hindia Belanda itu adalah Indonesia.

Indonesia sendiri ikut berpartisipasi dalam Piala Dunia pada tahun 1938 di Perancis. Yang mana merupakan Piala Dunia terakhir sebelum vakum karena pecahnya Perang Dunia Kedua.

Mungkin banyak yang berpikir, tim Indonesia saat itu diperkuat oleh orang-orang Belanda. Karena pada saat itu, negara kincir angin tersebut sedang menjajah negara kita saat itu.

Namun, jangan salah di dalam tim tersebut ada beberapa yang merupakan orang asli pribumi negara kita. Meskipun harus diakui kita memang mewakili nama Hindia Belanda di dalam event tersebut.

Walaupun sekarang Indonesia belum lolos ke Piala Dunia saat ini. Semoga saja dengan terus membaiknya wajah persepakbolaan kita, maka semakin dekat pula negara kita bisa ikut serta dalam event sepakbola terbesar di dunia tersebut. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar