Si Cantik Hope Solo Raih Penghargaan untuk Caps Ke-200

Credit : Hope Solo saat beraksi membela timnas putri Amerika Serikat/Foto: Istimewa
profil foto

CHICAGO – Tanggal 21 Januari 2018 mendatang akan menjadi hari istimewa bagi Hope Solo. Hari itu, kiper cantik ini akan membela tim nasional (timnas) putri Amerika Serikat (AS) dalam uji coba lawan Denmark di Stadion San Diego Country Credit Union.

Ini bukan sembaran uji coba. Pasalnya, pada laga tersebut, Federasi Sepak Bola AS (USSF) akan memberi Hope apresiasi khusus. “USSF akan memberi penghargaan bagi kiper legendaris untuk caps-nya yang ke-200 bersama timnas putri AS,” demikian pernyataan resmi USSF.

Sebetulnya, pemberian penghargaan tersebut agak terlambat. Caps ke-200 itu justru dicapai Hope saat membela AS mengalahkan Prancis 1-0 di ajang Olimpiade 2016 di Brasil.

Jika dihitung sejak debutnya pada tahun 2000, Hope ternyata sudah 202 kali bermain untuk timnas putri AS. Dan 195 di antaranya tercatat bermain sebagai starter.

Meskipun terlambat, Hope tetap menyambut penghargaan itu dengan antusias. Setidaknya, hingga kini, dia tercatat sebagai satu-satunya penjaga gawang yang pernah 200 kali membela timnas putri AS. Di seluruh dunia, juga tak ada kiper putri lainnya yang punya prestasi serupa.

Tercatat, Hope tiga kali ikut Piala Dunia bersama timnas putri AS pada 2007, 2011, dan 2015. Ia juga tiga kali tampil di ajang Olimpiade dan sukses mempersembahkan medali emas pada 2008 di China dan 2012 di Inggris.

Bersamanya, timnas putri AS menjelma jadi pasukan yang sulit dikalahkan. Dengan Hope sebagai kipernya, gawang timnas putri AS rata-rata hanya kebobolan 0,54 gol/pertandingan. Ia memang kiper legendaris sejati! *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar