Sering Kalah di Final, Kali Ini Klopp Berharap Jadi Pemenang

Sering Kalah di Final, Kali Ini Klopp Berharap Jadi Pemenang
Credit : Juergen Klopp/Foto: Liverpool FC
profil foto

KIEV – Pelatih klub raksasa Inggris Liverpool, Jurgen Klopp, akan berupaya semaksimal mungkin mengakhiri catatan buruknya selalu kalah pada lima pertandingan final terakhirnya. Ia berharap hasil akhir yang berbeda pada pertandingan antara “The Reds” versus Real Madrid di final Liga Champions 2017/18, Sabtu (26/5/2018) mendatang.

Klopp menderita kekalahan pada lima laga final terakhirnya. Tiga kali saat menukangi Borussia Dortmund sebelum pindah ke Anfield pada 2015 dan dua pada musim pertamanya bersama “The Reds”.

Sepanjang karier, ia hanya sekali memenangi laga final saat meraih Piala Jerman 2012 bersama Dortmund. Namun Klopp mengaku tak terpengaruh oleh fakta tersebut.

“Mereka tidak menggantung medali perak (juara kedua) di Melwood (tempat latihan Liverpool)," kata Klopp kepada awak media, Kamis (24/5/2018) waktu setempat. “Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan tapi begitulah yang terjadi. Menuju final adalah hal yang sangat bagus tetapi menang adalah yang terbaik.”

Sebagai pelatih yang sering merasakan kekalahan pada pertandingan puncak, Klopp menyadari bahwa untuk memenangi final memerlukan usaha yang keras. “Jika ada sesuatu yang benar-benar penting untuk Anda, Anda harus siap untuk menderita. Begitulah hidup," kata Klopp.

Kekalahan paling pahit bagi Klopp di final terjadi pada partai puncak Liga Champions di Wembley, lima tahun lalu. Saat itu Dortmund kalah dari Bayern Muenchen dengan skor 1-2 berkat gol Arjen Robben pada menit terakhir.

Hasil itu menandai akhir dari kiprah cemerlang Klopp bersama Dortmund yang memenangi dua gelar Bundesliga serta mengalahkan Bayern 5-2 di final Piala Jerman 2012. Klopp kemudian tak pernah lagi membawa Dortmund ke final Liga Champions sampai akhirnya pindah ke Liverpool. *

FINAL-FINAL JUERGEN KLOPP

MENANG – Final Piala Jerman 2012 - Borussia Dortmund 5-2 Bayern Muechen

KALAH – Final Liga Champions 2013 - Borussia Dortmund 1-2 Bayern Muenchen

KALAH – Final Piala Jerman 2014 - Borussia Dortmund 0-2 Bayern Muenchen (perpanjangan waktu)

KALAH – Final Piala Jerman 2015 - Borussia Dortmund 1-3 Wolfsburg

KALAH – Final Piala Liga Inggris 2016 - Liverpool 1-1 Manchester City (kalah adu penalti)

KALAH – Final Liga Europa - Liverpool 1-3 Sevilla

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar