Sempat Tertinggal, Comeback Man City Lumat Burnley

Credit : Manchester City vs Burnley di Piala FA/FOTO: Getty Images
profil foto
  • Busthomi -
  • 07 Jan 2018 00:29:03 -
  • 138 views

MANCHESTER – Pasukan Pep Guardiola masih terlalu perkasa bagi lawan-lawannya. Kali ini di ajang Piala FA putaran ketiga, Manchester City melumat lawannya Burnley yang juga sesama tim Liga Primer dengan skor 4-1 di Etihad Stadium, Sabtu (6/1/2018).

Hingga paruh pertama masih tertinggal 0-1, tapi mereka langsung bangkit dengan mencetak empat gol tanpa balas untuk memastikan lolos ke babak selanjutnya di babak kedua.

Gol-gol itu tercipta melalui Ashley Barnes dari tim tamu di menit ke-25, kemudian disusul empat gol City melalui dwigol Sergio Aguero di menit ke-56 dan 58, dilanjutkan Leroy Sane di menit ke-71, dan Bernardo Silva di menit ke-82.

Mengawali laga, seperti biasa David Silva cs langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke gawang lawan. Namun pertahanan Burnley yang bagus membuat mereka tak bisa mencetak gol. Bahkan di babak petama “The Sky Blues” tak memiliki satu pun tendangan on target, meski banyak melakukan upaya tendangan ke gawang.

Justru asyik menyerang, malah tim tamu yang unggul terlebih dahulu, Barnes sukses membobol gawang Claudio Bravo untuk membuka keunggulan menjadi 0-1 bagi tim tamu. Skor itu tetap bertahan hingga peluit akhir babak pertama selesai.

Mengawali babak kedua, Guardiola tetap minta anak asuhnya semakin meningkatkan intensitas serangannya. Apalagi di laga kali ini, pelatih asal Catalunya tersebut tetap memasang sebagian besar pemain lapis utamanya seperti Aguero dan David Silva.

Hasilnya mulai terlihat kala memasuki menit ke-56. Mendapat umpan dari Ilkay Gundogan, Aguero tak mau menyia-siakan peluang dan sukses mengubah skor menjadi 1-1. Gol ini sepertinya membuat lini pertahanan Burnley kian goyah, dua menit kemudian publik Etihad kembali bergemuruh.

Aktornya dua orang tersebut. Gundogan kembali mengirim assist untuk gol kedua Aguero dan membuat skor menjadi 2-1.

Terus menerus menyerang, “The Citizens” kemblai menambah keunggulan melalui aksi Leroy Sane yang memanfaatkan umpan David Silva di menit ke-71.

Menit ke-79, Aguero ditarik keluar untuk digantikan Bernando Silva. Ternyata pemain ini yang menutup pesta gol City ke gawang Burnley. Tiga menit usai masuk ke lapangan, sang pemain berhasil mengubah skor menjadi 4-1 usai mendapat umpan matang dari Sane.

Di laga kali, City begitu dominan dengan penguasaan bola mencapai 77 persen dan cuma 23 persen pemain Burnley menyentuh bola. Dengan tendangan 20 tendangan ke  gawang 5 yang on target ketimbang 8 tendangan ke gawang milik tim tamu dan cuma 2 yang on target.

Hasil 4-1 pun tak berubah hingga peluit panjang dibunyikan. Dan kemenangan besar ini membawa pasukan Guardiola untuk melaju ke babak selanjutnya dan berpeluang merebut gelar ini, selain Liga Primer dan Piala Carabao atau Piala Liga. * 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar