Sang Pemahat Selalu Terharu Tiap Kali Piala Presiden Bergulir

Sang Pemahat Selalu Terharu Tiap Kali Piala Presiden Bergulir
Credit : Trofi Piala Presiden - Foto/LIB
profil foto

GIANYAR - Ajang Piala Presiden 2018 adalah gelaran edisi ketiga sebagai pramusim kompetisi di Indonesia. Piala Presiden kali pertama digelar pada 2015. Sedangkan edisi kedua digelar pada 2017.

Dalam tiap gelaran Piala Presiden ada sosok yang ternyata selalu merasakan hal istimewa dari ajang ini. Dia adalah Ida Bagus Lasem. Sosok pria seniman pahat asli Gianyar, Bali ini tidak lain adalah sang pemahat trofi Piala Presiden yang terbuat dari kayu.

“Ada kebanggaan tersendiri yang saya rasakan saat Piala Presiden bergulir. Rasanya terharu saya sempat terlibat langsung untuk membuat trofi turnamen ini,” ujar Ida Bagus Lasem saat ditemui di kediamannya di kawasan Kemenuh, Gianyar, Rabu (14/2/2018).

Dikatakannya, dari sekian banyak karya yang memang kebetulan beredar di berbagai penjuru dunia, trofi Piala Presiden menjadi salah satu yang paling berkesan dibuatnya.

Pasalnya, lanjut dia, trofi ini menyangkut langsung sosok orang nomor satu di negeri ini. Pria berusia 75 tahun ini menambahkan, jika pengerjaan trofi Piala Presiden ini memiliki tantangan tersendiri.

Itu karena saat hendak mulai pengerjaan, dia hanya diberikan gambar dua dimensi saja. Tidak heran jika dia bekerja ekstra keras untuk menuangkannya menjadi bentuk tiga dimensi.

Dan Lasem juga mengaku merasa sangat senang dan bangga karena dapat bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan dan final Piala Presiden 2015. “Trofi Piala Presiden ini memiliki filosofi yang sangat kuat sebagai pemersatu bangsa melalui sepak bola,” tegas dia lagi.

Satu hal lagi, Lasem juga berharap Bali United mampu tampil hingga ke babak final bahkan juara di Piala Presiden 2018 ini. Dia menuturkan, memang Sriwijaya FC menjadi lawan yang tangguh dan sulit dikalahkan.

“Jika Bali United mampu benar-benar menerapkan filosofi Tridatu yang sakral bagi masyarakat Bali, tentu menjadi modal yang sangat baik dalam pertandingan nanti,” tandas dia.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar