Raih Gelar di Pekan ke-33, Rekor Juara City Samai MU

Credit : Klasemen Liga Primer Inggris yang memastikan Manchester City raih gelar juara musim 2017/18/FOTO: Charlie (Eyesoccer.id
profil foto
  • Busthomi -
  • 16 Apr 2018 20:30:41 -
  • 45 views

MANCHESTER – Pasukan Pep Guardiola resmi menjadi juara Liga Primer musim 2017/18. Ini adalah gelar ketiga mereka dalam tujuh tahun terakhir atau gelar kelima City dalam sejarah klub.

Gelar mereka telah diraihnya di musim 1936/37, 1967/68, 2011/12, 2013/14, dan saat ini musim 2017/18. Gelar mereka lebih sedikit dari Chelsea yang sudah meraih enam gelar dan lebih banyak sekali dari Newcastle United.

Namun dalam urusan gelar Liga Primer, memang Manchester United yang paling banyak dengan 20 gelar, kemudian Liverpool (18 gelar), dan Arsenal (13 gelar).

Dan gelar kali ini ternyata didapat di pekan ke-33 atau menyisakan lima pertandingan lagi. Berarti raihan pasukan Pep Guardiola itu menyamai rekor “Setan Merah” saat meraih gelar di musim 2000/2001 lalu.

Perolehan juara “The Citizens” itu dikantongi setelah tim rival mereka yakni MU kalah 0-1 dari West Bromwich Albion dan sehari sebelumnya mereka menang 3-1 atas Tottenham Hotspur. Sehingga dengan kondisi itu, pencapaian nilai City menjadi 87 poin sedang MU tertahan di angka 71 poin. Dengan 15 poin maksimal yang tersisa, maka poin ‘Manchester Biru’ tak mungkin lagi terkejar oleh ‘Manchester Merah’.

Namun meski menyamai MU, penampilan City musim itu justru lebih hebat dari era “The Red Devils” dengan juara tercepat itu. Saat itu, di klasemen akhir pasukan era pelatih legendaris Alex Ferguson tersebut menjadi juara dengan poin maksimal hanya 80.

Dan saat ini, “The Sky Blues” bisa mengantongi poin lebih banyak lagi. Dan hebatnya, pencapaian anak asuh Guardiola itu mengantongi pencapaian lebih baik lagi dalam segala hal. Seperti gol terbanyak (93), kemasukan tersedikit (25), kemenangan kandang terbanyak (14), dan kemenangan tandang terbanyak (14), rata-rata penguasaan bola (71,22 persen) dan lebih banyak statistik lagi.

Kemenangan titel juara musim ini juga disambut bahagia para skuat “The Sky Blues” lainnya. Sang kapten Vincent Kompany merasa raihan juara musim ini sangat luar biasa dan susah digambarkan. Dan ini sangat menakjubkan.

“Pencapaian yang begitu sulit dan saya bangga dengan tim dan semua orang yang terlibat di tim ini,” dia menegaskan. “Yang ini berbeda karena kami konsisten sepanjang musim dan kami dapat bermain di level yang diharapkan yang bisa kami lakukan.”

“Saya sangat bahagia,” dia kembali menegaskan. “Saya bangga bisa berbagi ini dengan semua penggemar kami. Semua orang yang ada di sana untuk mendukung kami.”

Bintang mereka, David Silva menambahkan, titel juara kali ini merupakan titel juara ketiganya bersama City. “Tapi juara kali ini sangat istimewa. Terima kasih untuk semua orang atas dukungannya kepada saya selama ini di musim yang sulit ini,” bintang timnas Spanyol ini menegaskan. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar