Pique Terancam Sanksi karena Gaya Selebrasi Provokatif

Oleh Aditya Gilang - 06 Feb 2018 10:33:57
Credit : Selebrasi Gerard Pique/Foto: MARCA

BARCELONA – Bek andalan Barcelona, Gerard Pique, harus bersiap menghadapi panggilan Komisi Disiplin Federasi Sepak Bola Spanyol. Gaya selebrasinya pada laga Espanyol lawan Barcelona, Minggu (4/2/2018) malam, dianggap provokatif dan memicu kemarahan suporter tuan rumah.

Pada pertandingan di RCDE Stadium itu, Pique menjadi penyelamat Barcelona. Tandukan mautnya pada akhir laga memaksa pertandingan berakhir imbang 1-1.

Masalahnya, Pique merayakan selebrasi golnya dengan cara yang patut disayangkan. Ia menggunakan gestur tutup mulut dengan jari tangannya yang ditujukan kepada para pendukung Espanyol. Gaya yang disebut “sushing celebration” itu pun memantik kemarahan.

Para pendukung Espanyol membalas dengan melontarkan makian yang menghina Pique dan keluarganya. Para pemain Espanyol  juga ikut marah.

Presiden La Liga, Javier Tebas, akhirnya angkat bicara. Ia menganggap aksi selebrasi bek tengah jangkung itu bisa dikategorikan provokatif dan berujung larangan main 1-3 pertandingan.

“Komisi Disiplin akan memutuskan apakah selebrasinya itu layak dihukum,” kata Tebas kepada awak media, Senin (5/2/2018). “Regulasinya jelas bahwa cara selebrasi gol yang belebihan dapat dikategorikan sebagai provokasi.”

Tebas menampik anggapan bahwa selebrasi Pique sekadar merespons hujatan dari pendukung Espanyol. “Faktanya, sebelum gol Pique, tidak ada hujatan terhadap keluarga Pique,” ia menegaskan. “Selebrasi Pique yang membuat pendukung Espanyol bereaksi dan akhirnya menghujat. Kami tak bisa membiarkan itu terjadi.”

Hubungan Pique dengan pendukung Espanyol memang sedang memburuk. Gara-gara ia meledek rival sekotanya itu dengan sebutan “Espanyol de Cornella”, bukannya “Espanyol de Barcelona”. Penyebutan “Espanyol de Cornella” mengesankan bahwa klub itu cuma tim kampung dari Cornella, distrik kecil di pinggiran kota Barcelona. *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami