Pesan Michael Owen Buat Pembinaan Pemain Usia Dini dan Muda di Indonesia

Pesan Michael Owen Buat Pembinaan Pemain Usia Dini dan Muda di Indonesia
Credit : Michael Owen di ruang kerja Sesmenpora - Foto/Eyesoccer
profil foto

JAKARTA - Salah satu legenda sepak bola Inggris, Michael Owen, berkunjung ke kantor Kemenpora RI, Senin 5 Februari 2018. Dalam kunjungan singkat pada petang hari itu, Owen diterima Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto.

Acara utama kedatangan mantan pemain Liverpool, Real Madrid, Newcastle United, hingga Manchester United itu adalah untuk memperkenalkan Michael Owen Football Center (MOFC). MOFC adalah salah satu pusat sepak bola yang didirikan untuk mengindentifikasi bakat-bakat pemain dari seluruh dunia.

Dalam kesempatan itu Michael Owen juga berbicara mengenai pemain usia dini dan usia muda. Salah satunya mengenai pentingnya memulai sepak bola sejak usia dini, bahkan di usia masih balita.

"Satu-satunya cara untuk memiliki timnas yang kuat adalah memulainya dari usia muda, di usia 14 tahun. Dari situ para pemain bakal berkembang secara natural," kata Michael Owen.

"Bahkan kami punya pemain usia 5 tahun yang sudah mulai bermain bola dengan standar yang baik. Anda memang harus memulai semuanya dari usia sedini mungkin. Dengan begitu akan lebih mudah untuk memproduksi pemain," tutur Michael Owen.

Jika pengembangan dan pembinaan pemain usia dini dan usia muda sudah jalan, kemudian menjadi tugas pelatih di semua level untuk bisa memberi kepercayaan. Siapa saja pemain muda yang selalu bekerja keras untuk memperlihatkan bakatnya, harus diberi kesempatan.

"Anda (pelatih) harus yakin dengan segala konsekuensi atas keputusan yang diambil. Hanya dengan begitu Anda bisa membentuk klub dan timnas yang baik," tutur Michael Owen.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar