Persijap Ingin Tiru Pengelolaan Sepak Bola di Jepang

Persijap Ingin Tiru Pengelolaan Sepak Bola di Jepang
Credit : Presiden Klub Persijap Esti Puji Lestari - Foto/Istimewa
profil foto
  • ocim -
  • 13 Jun 2019 13:19:00 -
  • 978 views

TOKYO - Presiden Klub Persijap Esti Puji Lestari coba mempelajari pengelolaan sepak bola profesional di Jepang. Hal ini sebagai bekal untuk mengelola Persijap menjadi klub modern dan profesional.

"Selain belajar pengelolaan klub sepak bola, juga coba menjajaki kerja sama pengelolaan klub. Untuk kepentingna akademi berjenjang, sepak bola baik pria maupun wanita," Esti Puni Lestari.

Ia mengaku senang bisa menjajaki kemungkinan kerja sama baru di negara Asia terutama untuk sepak bola dan akademinya. Menurutnya Persijap perlu memiliki akademi yang baik, sebagai penopang sporting untuk tim utama.

Konsep klub di Jepang, kata dia, sebenarnya sederhana tetapi sangat modern. Misal, saat kunjungan ke J-League, ternyata klub tidak perlu biaya banyak, tetapi memang perlu penerapan standar operasional yang baik dan diikuti seluruh tim.

"Jadi saya berharap Persijap tidak hanya selalu target juara, tetapi pembenahan struktur organisasi dan tim kepelatihannya juga harus semakin membaik," ujarnya.

Di Jepang, wanita asal Sukabumi itu berkesempatan melihat pertandingan di Mitsuzawa, Nideshuka League, kemudian melihat latihan tim wanita Tokyo Verdy yang memiki 10 pemain timnas wanita yang bermain di Piala Dunia Putri di Prancis.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar