Pengamanan Superketat Jelang Pembukaan Piala Dunia di Luzhniki

Pengamanan Superketat Jelang Pembukaan Piala Dunia di Luzhniki
Credit : Tampak depan Stadion Luzhniki/Foto: FIFA
profil foto

MOSKOW – Petugas keamanan Rusia menerapkan sistem pengamanan yang superketat di Stadion Luzhniki, Moskow. Itulah arena yang akan dipakai sebagai lokasi upacara pembukaan Piala Dunia 2018 pada Kamis (14/6/2018) malam ini sekaligus ajang laga perdana Rusia melawan Arab Saudi.

Meski ketat, orang-orang yang memiliki akreditasi untuk berada di kawasan Luzhniki tetap dapat beraktivitas dengan lancar. Pemeriksaan yang dilakukan petugas relatif berjalan lancar.

Petugas akan menanyakan ID-card, dilanjutkan dengan pemeriksaan tas dan barang bawaan menggunakan sinar X. Semua tas hingga atribut lainnya harus masuk dalam lorong itu. Adapun orangnya diperiksa dari ujung kepala hingga kaus kaki.

Sejumlah jurnalis sempat mengeluhkan pemeriksaan yang ketat itu. Namun mereka sekaligus mengaku senang karena cukup menjamin keamanan. “Tidak masalah diperiksa begitu ketat, yang penting keamanan kami terjamin,” ujar seorang fotografer dari Brasil.

Direktur Keamanan FIFA, Helmut Spahn, mengapresiasi prosedur keamanan yang diterapkan Pemerintah Rusia dan panitia pelaksana lokal.

“Standar pengamanan dan semua upaya yang mereka lakukan sejauh ini cukup mengesankan,” kata Spahn. “Saya berharap ini akan menjadi Piala Dunia yang fantastis dan aman bagi semua orang.”

Spahn menyampaikan pujiannya itu saat meresmikan Pusat Internasional untuk Kerjasama Kepolisian di Domodedovo, kota di pinggiran Moskow. Di pusat itulah para aparat keamanan dari berbagai negara mengatur strategi keamanan dan pencegahan potensi ancaman.

Termasuk mewaspadai potensi para perusuh yang datang dari sejumlah negara tertentu. Berdasarkan rekomendasi Pusat Internasional untuk Kerjasama Kepolisian itulah sekitar 1.200 holigan asal Inggris telah dicegah terbang menuju Rusia. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar