Mourinho di Chelsea Lebih Sukses? Conte Sebut Dulu Lebih Mudah Ketimbang Saat Ini

Mourinho di Chelsea Lebih Sukses? Conte Sebut Dulu Lebih Mudah Ketimbang Saat Ini
Credit : Getty Images
profil foto
  • Busthomi -
  • 21 Apr 2018 19:22:54 -
  • 99 views

LONDON – Antonio Conte sepertinya mulai menghidupkan kembali perseteruannya dengan Jose Mourinho. Pelatih Chelsea itu enggan disebut dirinya tak lebih hebat ketimbang pelatih Manchester United tersebut. Sebab dalam membandingkan itu tak bisa berdasar statistik, melainkan harus dilihat eranya.

Saat ini, kedua tim akan melakoni laga semifinal Piala FA menghadapi lawan-lawannya. Jika mereka bisa membungkam lawannya masing-masing, maka mereka akan berjumpa di babak final. Sudah pasti perseteruan di antara mereka akan semakin sengit.

Malam ini, MU akan tampil lebih dahulu kontra Tottenham Hotspur, sehari setelahnya tim asuhan Conte akan menghadapi lawan lebih enteng, Southampton. Dan kedua tim memang sangat difavoritkan untuk bisa tampil di final dan menjadi jawara Piala FA musim ini.

Pelatih asal Portugal sendiri pernah menangani Chelsea usai dirinya secara mengejutkan membawa FC Porto juara Liga Champions pada 2004 lalu. Setelah itu dia pindah ke Stamford Bridge. Di era Mourinho, sampai ke laga 100-nya menukangi “The Blues”, dia mencapai 72 kemenangan.

Dan kini, Conte sendiri sudah mencapai laga ke-100 saat timnya mengalahkan Burnley 2-1, Jumat (20/42018) kemarin. Namun ternyata, kemenangan Chelsea di bawah Conte tidak sampai 72 di laga ke-100-nya itu, melainkan lebih sedikit tujuh laga atau 65 kemenangan. Sehingga Mourinho dianggap pelatih Chelsea paling sukses di laga ke-100 itu.

Akan tetapi Conte sendiri mengecilkan rekor Mourinho tersebut. Pasalnya, torehan sang pendahulunya itu sudah terlalu lama dan di musim itu lebih mudah dicapai. Tapi sekarang, Liga Primer lebih kompetitif.

“Mourinho menang 72 kali di laga ke-100 pertamanya? Tapi kami berbicara tentang seorang pelatih hebat,” tutur Conte di The Metro. “Jangan lupa bahwa 100 pertandingan pertama era Mourinho sudah bertahun-tahun lalu. Dan saya pikir sekarang ini tidak sesederhana itu.”

“Untuk mendapatkan hasil seperti itu [hasil yang didapat Conte] sekarang di Chelsea itu tidak mudah,” katanya lagi. “Saya harus puas dengan para pemain, untuk klub, tetapi tentu saja, kami bisa melakukannya dengan lebih baik.”

Kenapa dulu lebih mudah dan saat ini lebih sulit? Conte mengklaim, “Karena ini adalah era yang berbeda dalam sejarah klub. Hanya karena alasan ini.”

Bahkan di era Mourinho melatih Chelsea, dirinya juga bisa mencetak cetak rekor bagus dengan klub lain, Juventus. “Dulu, saya memenangkan gelar bersama Juventus setelah dua musim dari posisi ketujuh. Ketika Anda memenangkan gelar dengan cara tersebut, itu adalah pencapaian luar biasa. Bukan prestasi yang sederhana,” dia menjelaskan.

Mourinho dan Conte sendiri di musim pertamanya menukangi Chelsea sama-sama berbuah trofi Liga Primer. “Tapi musim lalu kami [Chelsea] memenangkan gelar setelah di musim sebelumnya di posisi ke-10,” dia menegaskan lagi. “Ketika Anda memenangkan gelar dengan cara ini, itu berarti pencapaian luar biasa. Itu bukan pencapaian yang sederhana.”

“Jangan hanya karena ini Chelsea dan itu menjadi normal, gara-gara di masa lalu, Anda memenangkan banyak gelar. Tidak,” cetusnya “Anda harus melihat era yang Anda lalui itu.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar