Mengenal Cedera Metatarsal yang Menimpa Striker Persija Ivan Carlos

Mengenal Cedera Metatarsal yang Menimpa Striker Persija Ivan Carlos
Credit : Ivan Carlos - Foto/Eyesoccer
profil foto

JAKARTA - Striker Persija, Ivan Carlos, mengalami musibah. Pemain asal Brasil itu menderita cedera metatarsal saat baru masuk beberapa menit pada babak kedua 8 besar Piala Presiden 2018, akhir pekan kemarin.

Dalam pertandingan melawan Mitra Kukar itu, Ivan Carlos langsung digantikan Bambang Pamungkas. Mantan pemain Persela itu terlihat kesakitan, bahkan sampai harus ditandu memakai tempat tidur roda untuk dilakukan perawatan intensif di rumah sakit.

Pada Selasa kemarin, Ivan Carlos diketahui sudah menjalani operasi di salah satu rumah sakit kawasan Bintaro. Ia diketahui menderita cedera metatarsal, salah satu cedera paling ditakuti oleh pemain sepak bola.

"Kasihan, sungguh kasihan. Saya kasihan Ivan Carlos bisa mengalami cedera seperti itu," kata Stefano Cugurra atau Teco, pelatih Persija.

Seperti dikutip dari Malang Sport Clinic, cedera metatarsal adalah kerusakan pada tulang telapak (punggung) kaki bagian tengah. Tulang ini bersama tulang-tulang lainnya di telapak, berfungsi sebagai penyeimbang dan penopang kaki manusia. Tentu saja saat berjalan atau berlari dan aktivitas bergerak lainnya.

Jika mengalami cedera berupa retak atau sampai patah, penderita bakal merasakan nyeri hebat saat kaki menapak. Akibatnya kaki tidak bisa digunakan untuk berdiri atau berjalan. Seandainya mampu berdiri dan berjalan maka penderita akan merasakan nyeri luar biasa.

Proses terjadinya cedera ini bermacam-macam. Penyebab utama karena tekanan yang kuat di kaki pemain. Biasanya dikarenakan kaki pemain diinjak oleh kaki pemain lawan.

Sebenarnya tulang metatarsal dilindungi sejumlah otot kaki. Tapi karena bisa saja terjadi kelelahan pada otot, sehingga tidak mampu meredam tekanan yang menimpa tulang metatarsal.

Pemain sepak bola dunia yang pernah mengalami cedera seperti ini adalah David Beckham dan Michael Owen. Mereka berhasil sembuh setelah melakukan operasi, tapi butuh waktu sekitar 8 bulan sampai benar-benar normal bisa bermain lagi.

Sayangnya juga setelah bisa bermain lagi, level permainan mereka jauh menurun jika dibandingkan saat sebelum mengalami cedera. Hal itulah yang membuat Ivan Carlos harus dapat dukungan dari banyak pihak, terutama Persija dan The Jakmania.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar