Mancini Siap Terima Tantangan Latih Timnas Italia

Mancini Siap Terima Tantangan Latih Timnas Italia
Credit :
profil foto

ROMA – Posisi pelatih tim nasional (timnas) Italia tampaknya tak akan lama kosong. Kandidat terkuat, Roberto Mancini, mengaku siap dan terbuka mengambil alih posisi pelatih timnas Italia yang sedang kosong.

Giampiero Ventura dipecat sebagai pelatih Italia pada November tahun lalu. Ini terpaksa dilakukan setelah negara tersebut secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

Menemukan pengganti Ventura menjadi masalah rumit. Pasalnya, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) harus memilih presiden dulu untuk menggantikan Carlo Tavecchio, yang juga dipaksa mundur.

Namun mencari sosok pelatih timnas Italia juga tidak mudah. Mancini yang paling dijagokan masih menangani Zenit Saint-Petersburg. Begitu pula Antonio Conte masih terikat bersama Chelsea. Pilihan realistis tinggal mantan pelatih Bayern Muenchen, Carlo Ancelotti.

Namun suara publik Italia condong ke pelatih yang lebih muda. Ancelotti  yang kini berumur 56 tahun juga lebih suka kembali melatih klub dibanding timnas.

Mancini, 53 tahun, disebut-sebut sebagai kandidat paling pas untuk mengendalikan tim juara dunia empat kali itu. Meski mengaku siap, Mancini juga menyadari peliknya keadaan.

“Sebelum memilih pelatih baru, kami harus memilih presiden FIGC yang baru," kata mantan pelatih Manchester City dan Inter Milan itu dalam acara bincang-bincang Italia, "Tiki Taka”. “Namun saya sepenuhnya tidak mengesampingkan timnas Italia, seperti pelatih-pelatih yang lain saya kira.”

Pemilihan presiden FIGC akan diselenggarakan 29 Januari 2018 mendatang. Kandidat pesertanya meliputi mantan bintang Italia dan AS Roma, Damiano Tommasi, yang sekarang memimpin Persatuan Pemain Italia. Juga ada Presiden Liga Profesional Italia Gabriele Gravina dan Wakil Presiden FIGC Cosimo Sibilia. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar