Mancini Percaya Balotelli Sudah Berubah dan Ingin Pertahankan Buffon

Mancini Percaya Balotelli Sudah Berubah dan Ingin Pertahankan Buffon
Credit : Roberto Mancini saat melatih pemain tim nasional Italia/Foto: FIGC
profil foto

ROMA – Pelatih baru tim nasional (timnas) Italia, Roberto Mancini, menyatakan akan memberi kepercayaan kepada Mario Balotelli. Menurut Mancini, penyerang bengal itu telah menjadi pribadi yang matang setelah dua musim membela klub Liga Prancis, Nice.

Mancini memiliki tugas berat membangun ulang timnas Italia setelah kegagalan mereka lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Salah satu gebrakan pertamanya adalah memanggil kembali Balotelli untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 2014.

“Sudah empat tahun sejak kami terakhir bertemu dan ia semakin matang sejak itu,” kata Mancini, yang pernah menangani Balotelli saat keduanya masih tergabung di Manchester City. “Ia sekarang memiliki anak-anak dan menurut saya hal itu membantu.”

“Mario merupakan pemain yang istimewa, ia pemain hebat di usia yang sangat muda. Namun ia tidak mampu bertahan di level itu,” Mancini mengungkapkan. “Ini semua tergantung kepada dia. Ia tampil baik pada dua tahun terakhir, sekarang ia perlu melakukan yang terbaik dan bersikap baik.”

Mancini juga mengindikasikan bahwa ia menginginkan kiper berusia 40 tahun Gianluigi Buffon untuk terus bermain bagi timnas Italia. Buffon belum memutuskan masa depannya setelah mengakhiri karier 17 tahunya di Juventus.

Namun, Mancini memperkirakan Buffon akan pindah ke klub lain. “Ia ingin terus bermain, dan siapapun yang bermain dan berada pada kondisi terbaiknya dapat dipanggil masuk timnas,” ia menegaskan.

Mancini, yang timnya akan bertemu Arab Saudi pada pertandingan persahabatan di Swiss, menyadari bahwa Italia tidak lagi memiliki keunggulan talenta seperti biasanya. Namun ia mampu memaksimalkan semua sumber daya yang mereka miliki.

“Saya bukan tukang sulap dan demikian pula pelatih lain. Kami memerlukan waktu: satu, dua, atau lima pertandingan tidak cukup,” ucapnya. “Masa-masa Italia punya sekelompok pemain luar biasa kini tidak terjadi lagi. Namun, pemain-pemain ini, jika mereka mendapatkan kepercayaan kami, dapat menjadi benar-benar bagus dan memberi banyak hal untuk tim nasional.”

“Banyak pemain kami yang tidak bermain di kompetisi Eropa,” katanya lagi. “Ini akan menjadi pekerjaan yang lebih melelahkan dibanding masa lalu. Namun timnas Italia selalu menghasilkan pemain-pemain yang lebih baik seiring berjalannya waktu.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar