Lini Depan Swedia Tumpul, Tapi Harus Berani Lupakan Ibrahimovic

Lini Depan Swedia Tumpul, Tapi Harus Berani Lupakan Ibrahimovic
Credit : Zlatan Ibrahimovic/Foto: Istimewa
profil foto

GELENDZHIK – Swedia gagal menunjukkan ketajamannya jelang bergulirnya Piala Dunia 2018 mulai Kamis (14/6/2018) mendatang. Namun mereka harus berani melupakan era Zlatan Ibrahimovic dan kini memberi kepercayaan sepenuhnya kepada skuat yang mereka miliki.

Penegasan itu disampaikan kapten timnas Swedia, Andreas Granqvist, Selasa (12/6/2018), usai latihan perdana di Rusia. Ia menyampaikan hal tersebut saat ditanya awak media soal hasil imbang 0-0 dalam uji coba terakhir lawan Peru, Minggu (10/6/2018) lalu.

Hasil tanpa gol melawan Peru meneruskan tren negatif tim Skandinavia itu. Dalam empat uji coba terakhirnya, mereka tak pernah menang dan kalah dua kali. Total, mereka hanya mencetak satu gol (ke gawang Chile) dalam empat laga pemanasan tersebut.

Publik Swedia pun menyesalkan tidak dibawanya Ibrahimovic ke Rusia. Ibrahimovic, 36 tahun, yang menjadi ikon Swedia selama satu dekade terakhir sudah pensiun dari timnas selepas Piala Eropa 2016.

Namun, bulan lalu, timbul spekulasi bekas penyerang Juventus, AC Milan, Barcelona, dan Manchester United itu mungkin kembali ke timnas. Sayangnya, “sinyal” yang dilempar sang pemain ditanggapi secara dingin oleh pelatih Jan Olof Andersson.

Seolah tak ingin larut dalam penyesalan, Granqvist pun menyeru kepada rekan-rekan setimnya untuk fokus ke Piala Dunia saja.

“Ibrahimovic menjadi pemain terbaik Swedia sejak sekian lama. Tetapi selepas Piala Eropa dia sudah memutuskan mundur,” katanya. “Kami harus menghormati keputusannya. Kami perlu fokus kepada skuat yang ada sekarang yang sudah dipilih untuk beraksi di Piala Dunia.”

Granqvist kini juga sudah menggantikan peran Ibrahimovic selaku kapten. Dia memenangi anugerah sebagai “Pemain Terbaik Swedia 2017”. Ia menjadi pemain pertama yang memenangi anugerah itu setelah Ibrahimovic mendominasinya sejak 2006. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar