Krisis Madrid, Zidane Juga Mulai Tegang Menghadapi Jurnalis

Oleh Aditya Gilang - 13 Jan 2018 12:00:12
Credit : Perubahan ekspresi wajah Zidane di ruang jumpa pers/Foto: MARCA

MADRID – Zinedine Zidane dikenal sebagai pelatih yang murah senyum, khususnya oleh kalangan jurnalis. Namun, situasi sulit yang dihadapi Real Madrid belakangan ini membuatnya berubah. Wajah Zidane kini terlihat kaku saat hadir di ruang konferensi pers, menjelang atau usai pertandingan.

Jarangnya Zidane tersenyum jelas menggambarkan tekanan berat yang sedang dialaminya dari petinggi maupun suporter “Los Blancos”. “Happy Zidane” telah pergi, berganti dengan air muka yang penuh ketegangan.

Cara Zidane menjawab pertanyaan awak media juga berubah. Kini, ia jarang memberi jawaban yang panjang lebar dan argumentatif. Kini, ia lebih sering mengeluarkan jawaban-jawaban pendek dan cenderung diplomatis.

Padahal di ruang konferensi Valdebebas, markas latihan Madrid, dulu Zidane senang bertukar canda dengan para jurnalis. Banyaknya penggunaan kata “Anda” sekarang juga mencerminkan bagaimana ia kini sering kesulitan menjelaskan situasi yang sedang dialaminya.

“Saya sejujurnya lelah mendengar berbagai kritik Anda terhadap kami,” katanya. “Mudah untuk mengatakan segalanya segalanya salah dari posisi Anda sebagai media. Meskipun Anda tahu kenyataannya tidak seperti itu.”

“Saya kira kita semua tahu, mudah sekali untuk bicara negatif tentang Madrid,” katanya lagi. “Berita seperti itu pasti laku di pasaran.”

Zidane mungkin benar soal adanya media yang gemar menyudutkan. Namun ia juga tak bisa menjelaskan dan membungkam pers dengan fakta bahwa Madrid kini tertinggal 16 poin di belakang Barcelona.

“Yang paling mengecewakan saya adalah tudingan media bahwa saya telah mencederai reputasi klub,” kata Zidane lagi.

Pernyataan Zidane paling akhir ini terasa sebagai serangan yang agresif terhadap media yang selama ini justru menjadi pendukung fanatiknya. Tampaknya, Zidane tak hanya sedang menghadapi situasi sulit di bangku cadangan Madrid. Ia juga mulai merasakannya saat di ruang jumpa pers. *

 



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami