Koalisi Meksiko, Kanada, dan AS Kalahkan Maroko untuk Piala Dunia 2026

Koalisi Meksiko, Kanada, dan AS Kalahkan Maroko untuk Piala Dunia 2026
Credit : Bidding koalisi Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat/Foto: FIFA
profil foto

MOSKOW – Otoritas sepak bola dunia (FIFA) menetapkan tuan rumah Piala Dunia 2026. Melalui pemungutan suara, FIFA akhirnya menunjuk “koalisi” Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat (AS) sebagai tuan rumah bersama pesta sepak bola sejagat itu.

Koalisi tiga negara Amerika Tengah dan Utara yang mengusung semboyan “United 2026” itu memang sangat kuat. Dalam pemungutan suara, mereka mendapatkan 134 suara berbanding hanya 65 untuk Maroko, perwakilan dari Afrika.

Rencananya, Piala Dunia 2026 akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah dengan 48 negara peserta. Akan ada sekitar 80 pertandingan yang digelar selama 34 hari.

Rencananya, sebagian fase grup akan digelar di Meksiko dan Kanada dengan masing-masing negara menggelar 10 pertandingan. Sedangkan AS, selain kebagian fase grup, juga akan jadi tuan rumah seluruh pertandingan setelah memasuki fase gugur.

Makanya, dari 26 kota yang akan jadi tuan rumah, 16 di antaranya ada di “Negeri Paman Sam”. Adapun Meksiko dan Kanada masing-masing hanya kebagian lima kota tuan rumah.

“Pemenangnya tetap sepak bola. Kami semua bersatu dalam sepak bola,” kata Presiden Federasi Sepak Bola AS, Carlos Cordeiro. “Terimakasih banyak. Ini kehormatan besar bagi kami.”

Cordeiro optimistis, hajatan Piala Dunia 2026 di tiga negara itu akan memompa pemasukan 14 miliar dolar AS (setara Rp 195 triliun). Dari jumlah tersebut, trio koalisi menjanjikan 11 miliar dolar AS nantinya akan menjadi bagian keuntungan yang diterima oleh FIFA. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar