Klub Paling Profit, Real Madrid Cuma Peringkat Ke-6

Klub Paling Profit, Real Madrid Cuma Peringkat Ke-6
Credit :
profil foto

LONDON – Real Madrid boleh menjadi tim tersukses di dunia. Namun, kalau ukurannya pergerakan uang dalam dua kali bursa transfer paling akhir, ternyata mereka hanya menduduki peringkat ke-6 tim paling banyak menghasilkan profit.

Fakta itu terungkap dalam laporan yang dipublikasikan oleh CIES Football Observatory. Menurut lembaga kajian di London, Inggris, itu Madrid berada di posisi keenam dalam peringkat klub dengan keuntungan terbesar.

Laporan tersebut berbasis posisi keuangan setiap klub pascapembelian dan penjualan pemain dalam dua periode jendela transfer: musim panas 2017 dan musim dingin 2018. Menurut data CIES Football Observatory, Madrid mendapatkan keuntungan sebesar 47 juta Euro, sedangkan musuh utamanya yaitu Barcelona malah merugi 170 juta Euro.

Monaco muncul sebagai klub dengan keuntungan terbesar dalam dua bursa transfer paling akhir. Mereka menghabiskan biaya 130 juta Euro untuk belanja pemain, tetapi menerima 416 juta Euro dari penjualan pemain mereka. Hal tersebut membuat neraca keuangan mereka bernilai positif, yaitu untung 286 juta Euro (setara Rp 4,79 triliun).

Di bawah Monaco ada Borussia Dortmund yang menangguk profit 168 juta Euro. Besarnya keuntungan Dortmund tertolong oleh penjualan Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal dengan transfer 64 juta Euro dan Ousmane Dembele ke Barcelona, 105 juta Euro.

Di bawah kelompok enam besar, ada sejumlah klub medioker lain yang masuk 10 besar paling profit. Sampdoria di posisi ke-7 (profit 41 juta Euro), disusul Bayer Leverkusen (36 juta Euro), Southampton (34 juta Euro), dan Athletic Bilbao (30 juta Euro). *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar