Kisah Nick van der Velden Menembak Penalti Model Panenka

Kisah Nick van der Velden Menembak Penalti Model Panenka
Credit : Nick van der Velden - Foto/Istimewa
profil foto

GIANYAR - Masih terekam jelas dalam ingatan, bagaimana eksekusi penalti Nick van der Velden berhasil memastikan Bali United lolos ke semifinal Piala Presiden 2018. Pemain asal Belanda itu memecahkan kebuntuan adu penalti saat skor menunjukkan 4-4 saat menghadapi Madura United, dalam babak 8 besar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (3/2/2018) malam.

Ingatan terhadap penalti van der Velden masih melekat karena eksekusi itu dilakukan dengan trik tendangan panenka. Trik yang dikenal menendang dengan cara mencungkil bola ke arah tengah gawang.

"Saat itu kedudukan 4-4 di babak adu penalti dan situasinya saya punya kesempatan menendang untuk menentukan hasil pertandingan," Nick van der Velden, membuka cerita.

"Saya pikir dalam situasi seperti itu kiper tidak akan berdiri di garis tengah. Kiper akan bergerak ke kiri atau kanan. Jadi saya putuskan menendang bola ke arah tengah dengan teknik panenka dan berhasil," Nick van der Velden, menambahkan.

Kiper Madura United ketika itu, Angga Saputra, terbukti memang terkecoh. Kiper muda itu bergerak ke kanan untuk membaca arah bola. Tapi ternyata bola ditendang dengan teknik panenka dan meluncur pelan ke dalam gawang.

Bali United pun melaju ke semifinal Piala Presiden untuk menghadapi Sriwijaya FC (SFC). Dan, tendangan panenka Nick van der Velden akan terus terekam dalam memori Piala Presiden tahun ini.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar