Kick-off Terlambat 3 Menit, Persija Didenda AFC Rp 27,5 Juta

Kick-off Terlambat 3 Menit, Persija Didenda AFC Rp 27,5 Juta
Credit : Persija vs Tampines Rovers - Foto/Istimewa
profil foto

KUALA LUMPUR - AFC tampaknya tidak main-main dalam menegakkan regulasi di kompetisi yang diselenggarakannya. Bahkan masalah sepele yang dilakukan klub atau ofisial dan pemain, bisa berujung hukuman.

Contoh terbaru adalah Persija yang didenda 2.000 dolar AS atau sekitar RP 27,5 juta gara-gara dianggap terlambat mempersiapkan diri untuk kick-off pertandingan. Insiden itu terjadi saat Persija menjamu Tampines Rovers di matchday kedua Piala AFC 2018 Grup H.

Dalam pertandingan pada 28 Februari 2018 itu, Persija dinilai telah melanggar Manual Kompetisi AFC Pasal 4. Penyebabnya sangat sepele!

"Tim Persija telah menyebabkan keterlambatan kick-off pertandingan selama 3 menit dari jadwal yang ditentukan," begitu pengumuman dari AFC, Selasa 17 April 2018.

Sesuai jadwal yang ditetapkan pertandingan itu seharusnya diselenggarakan mulai pukul 18.30 WIB. Tapi karena keterlambatan Persija untuk bersiap kick-off, pertandingan baru dimulai pada pukul 18.33 WIB.

Laga itu berakhir dengan kemenangan Persija dengan skor 4-1 atas Tampines Rovers. Wasit yang memimpin laga pada waktu itu adalah Kim Woo-sung dari Korea Selatan. Pastinya ini menjadi pelajaran yang berharga buat klub di Indonesia.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar