Kericuhan Derby Merseyside, Firmino Masuk Radar Investigasi FA

Credit : Aksi kericuhan di derby Merseyside/FOTO: Getty Images
profil foto
  • Busthomi -
  • 06 Jan 2018 13:58:40 -
  • 158 views

LIVERPOOL – Laga derby Merseyside antara Liverpool kontra Everton di pentas Piala FA di Anfield, Sabtu (6/1/2017) dini har WIB tadi ternyata memercikkan kericuhan antara dua pemain di masing-masing klub. Antara Roberto Firmino, striker tim tuan rumah dan Mason Holgate dari tim tamu.

Kejadian bermula saat pemain timnas Brasil itu berusaha menggiring bola ke pinggir lapangan, tapi bek Holgate malah mendorongnya dengan keras dari belakang. Akibat mengalami dorongan keras itu, sang pemain langsung terjerembab melewati papan iklan dan masuk ke tempat duduk penonton.

Usai bangkit dengan amarah, Firmino langsung melabrak Holgate dengan kata-kata kasar. Umpatan Firmino diklaim oleh bek “The Toffees” dan dilaporkan ke wasit Bobby Madley sebagai ungkapan rasis.

Madley pun kemudian mengkonfirmasi ke kedua klub itu bahwa dirinya akan memasukkan rincian insiden kericuhan tersebut ke dalam laporannya yang akan dibawa ke Federasi sepak bola Inggris atau FA. Apalagi Medley juga sudah berkoordinasi dengan wasit keempat selama pertandingan berlangsung.

Insiden ini memang terjadi di akhir babak pertama. Saat itu kedudukan laga sendiri masih 1-0 untuk keunggulan “The Reds” melalui gol James Milner lewat titik putih. Laga sendiri berkahir dengan skor 2-1 untuk Liverpool. Setelah Gylfi Sigurdsson menyamakan kedudukan 1-1, lalu gol penentu kemenangan melalui tandukan bek anyar termahal di dunia, Virgil van Dijk.

Firmino sendiri sepertinya bisa bernafas lega. Karena umpatannya itu begitu dikonfirmasi melalui rekaman ulang televisi, ternyata bukan bernada rasis. Holgate telah keliru. Firmino melampiaskan amarahnya melalui bahasa Portugis atau bahasa sehari-hari warga Brasil. Ucapannya itu berupa kata “loco puta” atau “m****r f****r”, semacam bahasa umpatan. Tapi belum masuk kategori rasis.

Namun tetap saja menurut Sam Allardyce, pihaknya minta masalah tersebut untuk diselidiki oleh pihak berwenang dari FA. Dirinya pun telah melaporkan masalah itu ke Direktur Sepakbola klub, Steve Walsh untuk dibawa ke FA.

Pelatih Everton tersebut enggan untuk bercerita banyak. “Saya tidak mau memberi tahu Anda apapun (terkait insiden itu) sampai yang berwenang mengetahui secara pasti apa yang terjadi,” jelas dia.

Jurgen Klopp tak tahu menahu ada insiden umpatan dari Firmino itu. Pelatih “The Reds” tersebut menyerahkan ke pihak klub, tapi semuanya akan membantu dan bekerja sama.

“Klub dan pemain akan sepenuhnya bekerja sama dengan pihak yang berwenang,” kata sang pelatih. “Ini untuk memastikan fakta-fakta tersebut agar secara menyeluruh dianggap perlu atau diminta oleh pihak FA.” *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar