Kemenangan Mohamed Salah Memang Sudah Diramalkan

Credit :
profil foto

ACCRA – Penyerang Mesir, Mohamed Salah, terpilih sebagai Pemain Terbaik Afrika 2017. Penobatan bagi Salah telah dilakukan di Accra, Ghana, dalam sebuah acara yang meriah pada Kamis (4/1/2018) malam.

Kemenangan Salah ternyata sudah diramalkan Kwesi Appiah sejak tiga pekan lalu. Appiah adalah pelatih tim nasional Ghana, negara yang tahun ini menjadi tuan rumah pergelaran tahunan itu.

“Meskipun sedih tak ada pemain Ghana yang masuk daftar kandidat pemenang tahun ini, saya kira Mohammed Salah memang bermain sangat bagus sepanjang musim lalu maupun musim ini,” katanya, saat itu. “Menurut saya, Salah harus menjadi pemenang tahun ini.”

Terbukti, memang, Salah yang dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari para pelatih dan kapten tim nasional seluruh negara Afrika. Ia mengungguli rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mane asal Senegal, dan penyerang Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang.

Salah memang layak mendapat pengakuan sebagai pemain terbaik di “Benua Hitam” itu. Sebab ia berperan besar membantu Mesir mencapai final Piala Afrika dan lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Yang paling sensasional adalah performanya pada paruh pertama musim 2017/18 sejak kepindahannya ke Liverpool. Performa Salah bersama “The Reds” begitu fantastis. Ia mencetak 23 gol di semua ajang kompetisi untuk klub Liga Primer tersebut pada paruh kedua tahun 2017.

Dengan pencapaian seperti itu, Salah yang dibeli “hanya” 42 juta Euro dari AS Roma bahkan lebih memuaskan performanya dibanding Neymar. Dibeli PSG dengan rekor transfer 222 juta Euro (setara Rp 3,6 triliun) dari Barcelona, Neymar hanya mengoleksi 17 gol pada periode yang sama. Hanya unggul tipis dibanding Romelo Lukaku (15 gol) yang dibeli Manchester United 85 juta Euro. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar