Ini Sosok yang Paling Berpeluang Jadi Pelatih Baru Timnas Italia

Oleh Aditya Gilang - 05 Feb 2018 17:30:28
Credit :

ROMA – Perburuan pelatih baru tim nasional (timnas) Italia tampaknya betul-betul memusingkan kepala para pejabat sepak bola negeri itu. Sederet nama dari Carlo Ancelotti, Roberto Mancini, hingga Antonio Conte tak siap menerima kepercayaan untuk menggantikan Gian Piero Ventura.

Paling akhir, penolakan itu disampaikan Conte yang enggan kembali menukangi timnas Italia dan memilih fokus di Chelsea. Alhasil, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pun mulai pasrah dan mempertimbangkan Luigi Di Biagio untuk menjadi pelatih baru.

“Antonio Conte telah menarik diri,” kata Alessandro Costacurta yang kini menjadi salah satu pengurus teras FIFC. Costacurta kemudian menambahkan bahwa pelatih Italia U-21, Di Biagio, akan berada di kursi pelatih pada laga persahabatan kontra Argentina dan Inggris bulan depan.

Costacurta menyatakan Di Biagio bisa saja mendapatkan posisi yang lebih dari sekadar pelatih sementara. “Jabatan pelatih Italia itu penting, tapi banyak yang lupa bahwa beberapa pilihan masih terikat kontrak. Jadi, kami sulit untuk membicarakannya saat ini,” kata Costacurta seraya menjelaskan bahwa Conte masih terikat kontrak di Chelsea hingga 18 bulan ke depan.

Di Biagio adalah mantan gelandang timnas Italia yang pernah merumput di klub-klub populer, seperti AS Roma, Inter Milan, dan Lazio. Kendati demikian, ia tidak terlalu diperhitungkan karena banyaknya pelatih Italia dengan reputasi mendunia seperti Mancini, Conte, Claudio Ranieri, dan Ancelotti.

Di Biagio, 46 tahun, juga belum punya prestasi menangani klub profesional. Ia hanya pernah menangani sejumlah tim usia muda dan klub amatir di Roma sebelum memegang timnas Italia U-20 dan kemudian U-21.

“Ini bukan ide yang aneh,” kata Costacurta membela mantan rekannya di timnas Italia era 1990-an itu. “Saya telah mengikuti kemajuan Di Biagio selama beberapa tahun... Dia menjadi pilihan yang menginspirasi.” *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami