Indonesia Pastikan Tiket Semifinal Piala AFF U-18 2019

Indonesia Pastikan Tiket Semifinal Piala AFF U-18 2019
Credit :
profil foto
  • ocim -
  • 12 Aug 2019 21:14:00 -
  • 1058 views

BINH DUONG - Perjuangan Garuda Nusantara selama lebih dari 90 menit, akhirnya berbuah manis. Mereka sukses mengunci satu tiket ke babak Semi Final usai mengalahkan Laos 2-1, dalam laga lanjutan keempat Grup A, yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Senin (12/8).

Dua gol kemenangan Indonesia berasal dari Amiruddin Bagus dan gol bunuh diri dari pemain Laos Anoulack Vannalath. Satu gol Laos dicetak oleh Alounnay Lounlasy.

Dalam laga ini, Laos mampu menyulitkan Indonesia di awal-awal. Ancaman pertama Laos datang di menit kelima saat tendangan bebas Chony Wenpaseth, namun berhasil ditangkap Ernando Ari.

10 menit laga berjalan, Indonesia masih kesulitan mengancam gawang Laos. Garuda Nusantara kalah agresif dari para pemain Laos. Sulitnya Indonesia menekan pertahanan Laos membuat pelatih Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain di menit ke-36. Braif Fatari ditarik keluar untuk memainkan Beckham Putra.

Indonesia baru mendapat kesempatan untuk mengancam pertahanan Laos di menit ke-18. Sutan Zico, yang muncul dari sisi kiri, berhasil menyerobot bola dari pemain Laos. Dia menggiring bola sampai sisi kotak penalti dan melepaskan umpan, namun bola bisa disapu bek lawan.

Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-54. Bola tembakan Fajar yang menggantikan Supriadi akibat cedera di menit ke-32, masih bisa ditepis kiper Solasak Thilavong.

Keputusan Fakhri Husaini untuk memasukkan Fajar, tepat. Pemain ini kembali menebar ancaman lewat umpan silangnya di menit ke-64, menghadirkan kemelut di kotak penalti Laos. Bagus, yang mendapat bola gagal melepaskan tembakan. Zico menyambar bola yang sudah berada di depan gawang, namun arahnya masih ke atas gawang.

Indonesia tersontak, karena Laos berhasil merobek gawang Ernando Ari terlebih dulu di menit ke-70. Tembakan Alounnay Lounlasy dari luar kotak penalti gagal dihalau kiper bernomor punggung 21 itu.

Indonesia beraksi cepat. Bagus berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-72 usai bekerja sama dengan Zico di kotak penalti Laos.

Indonesia lolos karena minimal akan keluar sebagai runner up Grup A. Andai Myanmar menang atas Brunei, Indonesia pun masih punya selisih gol yang cukup banyak (16-6). Di laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Myanmar pada Rabu (14/8).*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar