Hati-hati, di Liga 1 2018 Kit Man Palsu Akan Didenda Rp 50 Juta

Oleh Bayu Mahendra - 07 Feb 2018 10:47:54
Credit :

JAKARTA - Demi mengantisipasi orang yang tidak berkepentingan di dalam bench pemain, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menerbitkan aturan yang berujung kepada denda. LIB terpaksa bertindak tegas karena di kompetisi musim lalu kerap ditemui orang yang tidak berkepentingan, tetapi ada di dalam bench pemain.

Situasi itu membuat orang yang bertugas sebagai kit man, misalnya, harus dipanggil bolak-balik ke bench pemain, karena tanda pengenalnya dipakai orang yang tidak berkepentingan itu.

Contoh baru juga terdapat di Piala Presiden 2018. Banyak terdapat orang yang tidak semestinya ada di bench, ternyata duduk nyaman di situ. Akibatnya bagian perlengkapan yang sudah jelas punya tugas lebih nyata di bench, malah harus ada di tribune atau menunggu di lorong pemain.

"Yang berada di bench hanya mereka dengan tugas dan tanggung jawab di tim seperti pelatih, asisten pelatih, manajer dan dokter tim. Tak boleh orang-orang yang tak berkepentingan dengan laga seperti pemilik klub atau pihak lain," ujar anggota OC Piala Presiden 2018 Tigorshalom Boboy di Jakarta, Selasa.

Hal ini diungkapkan yang akrab disapa Tigor tersebut karena sebelum semifinal beberapa kali menemukan kejadian di mana ada pihak yang tak berhubungan langsung dengan laga berada di bench.

Menurut dia, hal itu mengganggu pertandingan karena artinya itu mengorbankan salah satu ofisial penting seperti petugas bagian perlengkapan atau kit man.

"Akhirnya jadi bolak-balik memanggil kit man masuk ke lapangan. Ini mengganggu dan tidak lucu," kata Tigor.

Demi menanggulangi hal itu, dia menegaskan pihaknya akan memeriksa secara ketat kartu tanda pengenal (ID card) setiap pemain dan ofisial yang akan masuk ke stadion.

"Kalau di Piala Presiden memang tak ada hukuman jika ada pihak tak berkepentingan masuk ke bench. Namun nanti di Liga 1 hal ini akan dihukum denda Rp 50 juta per orang," tutur Tigor yang juga Direktur Operasional PT LIB itu.*



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami