Freddy Mulli Uji Kebugaran 19 Pemain Persis Solo

Freddy Mulli Uji Kebugaran 19 Pemain Persis Solo
Credit : Para pemain Persis Solo menjalani tes di Stadion Manahan/Foto: Persis
profil foto

SOLO - Persis Solo terus memantapkan persiapan menyambut kompetisi Liga 2 2018 yang rencananya digelar pada Maret mendatang. Pelatih Freddy Mulli telah melakukan tes kebugarab 19 pemainnya untuk mengetahui stamina mereka saat ini.

“Kegiatan tes fisik ini dibagi dua kategori, yakni untuk pemain usia di atas 25 tahun dan di bawah itu,”  kata Freddy usai memimpin tes fisik di Stadion Manahan, Rabu (10/1/2018). “Tes semacam ini penting sebelum tim memasuki program latihan.”

Menurut Freddy, para pemain melakukan tes fisik dengan durasi 15 menit, dan hasilnya rata-rata kondisimnya bagus. Tim pelatih menargetkan, dari durasi 15 menit, minimal delapan kali putaran dengan jarak satu putaran 400 meter. “Para pemain Persis mayoritas kondisi staminanya melebihi target yang telah ditetapkan oleh tim pelatih,” katanya.

Menurut dia, kondisi fisik mayoritas melebihi standar tersebut, sehingga para pemain ada aktivitas fisik selama transisi kompetisi tahun lalu. Dari hasil tes fisik, VO2Max empat pemain di posisi striker dan winger, Chandra Waskito, Sunarto, Jalwandi, dan Handoko memiliki fisik yang bagus dengan catatan masing-masing 51,42; 51,24; 50,21; dan 49,98.

Selain itu, pemain posisi gelandang Persis, M. Wahyu, menempati peringkat teratas dengan VO2Max 52,28. Disusul Elina Soka (51,7) dan Bayu Andra (50,1). Untuk posisi pemain bertahan, Soni Setiawan masih yang terbaik dengan VO2 Max 50,55, lalu pemain baru Oky Derry (50,44), dan Ade Fanny (49,73).

“Semua pemain hampir dapat melampaui target delapan putaran,” kata Freddy, senang, seperti dikutip Antara. “Hanya dua kiper saja kurang sedikit dari delapan putaran.”

Menurut dia, tes fisik awal pemain tersebut untuk mengetahui sejauh mana fisik pemain Persis setelah libur kompetisi. Pre-test ini, merupakan data awal seorang pelatih untuk mengetahui fisik pemain.

Kendati demikian, Freddy tetap optimistis kemampuan fisik dan VO2 Max pemain dapat meningkat dalam waktu tiga pekan ke depan. Pembentukan fisik ke depan dengan latihan variatif, seperti anaerobic, aerobic, speed, strenght, muscular power. “Pada awal ini sekitar 30 persen latihan teknik dan skill pemain, sisanya fokus pembentukan fisik pemain,” ia menegaskan. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar