Federasi Sepak Bola Spanyol Kecam Lopetegui, Langsung Tunjuk Hierro

Federasi Sepak Bola Spanyol Kecam Lopetegui, Langsung Tunjuk Hierro
Credit : Fernando Hierro/Foto: RFEF
profil foto

MADRID – Drama di kursi kepelatihan tim nasional (timnas) Spanyol mencapai puncaknya. Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memecat pelatih Julen Lopetegui yang menerima pinangan Madrid setelah bulan lalu baru saja memperpanjang kontrak dengan timnas Spanyol.

Selain Wakil Presiden Rafael Del Amo, Presiden RFEF, Luis Rubiales, juga mengecam tindakan Madrid dan Lopetegui. Meski sudah memecat Lopetegui lantaran menerima pinangan Madrid, Rubiales tetap tak terima dengan tindakan Madrid. Meskipun, Rubalies tetap mendukung karier Lopetegui selanjutnya.

“Saya tak merasa dikhianati. Lopetegui telah melakukan pekerjaan yang sempurna,” kata Rubiales. “Namun bagaimana semua ini terjadi, itu soal lain.”

“Kami memutuskan untuk memecat pelatih tim nasional,” katanya lagi. “Tapi apa yang telah kami capai di sini sebagian besar karena jasanya. Karena itu kami harus berterima kasih kepadanya dan mendoakan semoga dia berhasil.”

Rubiales mengungkapkan, pihaknya baru tahu Lopetegui ditunjuk Madrid sebagai suksesor Zinedine Zidane, sesaat sebelum pelatih berusia 51 tahun itu terbang ke Madrid, untuk merampungkan transfernya. Makanya Rubiales sangat kecewa dan tidak terima atas apa yang sudah dilakukan Madrid.

Dalam situasi genting hanya sehari jelang pembukaan Piala Dunia 2018, RFEF akhirnya bertindak sigap. Mereka langsung menunjuk Fernando Hierro sebagai pengganti Lopetegui.

Hierro sebetulnya tak punya banyak pengalaman sebagai pelatih. Ia hanya sempat menangani Real Madrid sebagai asisten pelatih kemudian jadi pelatih Real Oviedo.

Namun, berbicara pengalaman sebagai pemain, Hierro salah satu yang punya karisma terbaik. Semasa aktif di lapangan hijau, Hierro adalah kapten Madrid dan juga timnas Spanyol. Malam ini, RFEF akan menggelar jumpa pers untuk mengumumkan penunjukan Hierro secara resmi. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar