FA Argentina Minta Maaf Telah Bagikan Tips Cara Merayu Wanita Rusia

FA Argentina Minta Maaf Telah Bagikan Tips Cara Merayu Wanita Rusia
Credit : Pendukung tim nasional Argentina/Foto: Moscow Times
profil foto

BUENOS AIRES – Federasi sepak bola (FA) Argentina tampaknya sudah kebablasan dalam memberi informasi soal Piala Dunia 2018. Untuk itu, mereka meminta maaf secara terbuka kepada panitia penyelenggara Piala Dunia dan rakyat Rusia pada umumnya.

Kasus ini bermula dari terbitnya buku saku Piala Dunia 2018 yang dibuat FA Argentina untuk para pendukungnya yang berniat memberi dukungan langsung ke Rusia. Hal yang wajar mengingat diperkirakan ada 40 ribu suporter “Tim Tango” akan datang ke Rusia.

Buku saku tersebut diberi judul “Language and Russian Culture – Thinking of the World Cup”. Yang jadi masalah, salah satu bagian buku tersebut berisi tips soal cara merayu wanita Rusia.

Isinya sebetulnya biasa saja. Bahkan pesan moral yang disampaikan juga sangat jelas: “Bersikaplah sopan, jangan berpikir negatif, dan jangan jadikan wanita sebagai obyek”.

Hanya saja, bagi sebagian kalangan, tips tersebut dirasa mengganggu. Bahkan sebagian pihak menyebutnya telah mencederai nilai-nilai “kesetaraan gender”. Inilah yang memicu FA Argentina untuk kemudian melakukan investigasi.

“Kami sudah melakukan investigasi internal,” demikian pernyataan resmi FA Argentina. “Kesimpulannya, sebagian isi buku itu tidak sesuai aslinya. Sama sekali tidak merefleksikan pemikiran FA Argentina maupun Presiden AFA, Claudio Tapia, bersama jajaran direkturnya.”

Secara pribadi, Rabu (16/5/2018) lalu, Tapia sudah langsung mendatangi institusi budaya Russia House di Buenos Aires untuk menyampaikan permohonan maaf. Ia berjanji akan menyampaikan informasi yang tepat bagi para pemain dan pendukung Argentina yang akan melancong ke Rusia untuk memberi dukungan. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar