Dukungan Indonesia Buat United 2026 Adalah Investasi Suara Bidding Piala Dunia 2034

Dukungan Indonesia Buat United 2026 Adalah Investasi Suara Bidding Piala Dunia 2034
Credit :
profil foto

MOSKOW - Indonesia bersama mayoritas negara AFF (Asia Tenggara) memilih United 2026 sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Hanya Brunei Darussalam yang memberikan suaranya kepada Maroko.

Hasilnya United 2026, gabungan AS, Meksiko, Kanada, terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia delapan tahun mendatang. Mereka mendapatkan total 134 suara dalam voting yang berlangsung dalam Kongres FIFA di Moskow, Rabu 13 Juni 2018.

Dilihat dari motif Indonesia bersama mayoritas memberikan dukungan kepada United 2026, bisa jadi adalah barter suara atau minimal investasi dukungan. Seperti diketahui AFF telah menunjuk Indonesia dan Thailand untuk maju dalam bidding tuan rumah bersama Piala Dunia 2034.

AFF yang beranggotakan 12 negara jelas punya daya tawar kuat untuk memberi dukungan. Dikurangi Brunei Darussalam, total United 2026 mendapatkan 11 suara dari Asia Tenggara.

Harapannya dalam proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang, AS, Meksiko, dan Kanada, juga akan memberi dukungan buat bidding Indonesia dan Thailand. Apalagi kemungkinan Indonesia dan Thailand akan bersaing dengan Cina.

Kebetulan Cina dalam voting tuan rumah Piala Dunia 2026 ternyata memilih Maroko. Hal itu menjadi penanda jelas bahwa United 2026, bahkan mayoritas negara Concacaf akan memberi dukungan buat Indonesia dan Thailand.

Jadi bisa dikatakan dukungan suara buat United 2026 dari AFF kali ini merupakan langkah strategis. Investasi yang baik untuk proses bidding tuan rumah Piala Dunia 2034. Terlebih perwakilan United 2026 sempat datang ke Jakarta, berbicara dalam pertemuan Dewan AFF saat undian Piala AFF 2018, di Hotel Mulia, beberapa waktu lalu.

Sejauh ini selain Cina, negara lain yang tertarik mengikuti bidding adalah Zimbabwe dari Afrika. Ada juga India yang masih malu-malu untuk maju sebagai calon tuan rumah.*

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar