Duh, Proyek Stadion Megah Chelsea Terganjal Satu Keluarga yang Menolak

Duh, Proyek Stadion Megah Chelsea Terganjal Satu Keluarga yang Menolak
Credit : Stadion baru Chelsea/FOTO: PA
profil foto
  • Busthomi -
  • 12 Jan 2018 15:43:01 -
  • 162 views

LONDON – Pemilik klub Chelsea asal Rusia, Roman Abramovich sudah siap menggelontorkan dana besar untuk membangun stadion baru yang lebih megah. Bahkan kabarnya akan menjadi salah satu yang termegah di Eropa dengan kapasitas penonton mencapai 60 ribu tempat duduk.

Anggaran yang digelontarkan taipan Negeri Beruang Merah itu pun tak main-main mencapai 1 miliar Pounds atau setara Rp 18,1 triliun. Dan stadion yang akan dibangun itu nantinya akan jauh lebih megah dari Stamford Bridge yang kapasitas penontonnya ‘cuma’ sekitar 48 ribu saja.

Hanya saja, berdasar laporan The Mirror, rencana membangun stadion klub raksasa Liga Primer itu masih terganjal karena ada satu keluarga tak jauh dari pembangunan lokasi stadion itu yang menolaknya.

Masalah ini menjadi seperti perseteruan antara David versus Goliath yang akan terus menghalangi sang milyuner Roman untuk membangun stadion termegah di Eropa itu.

Kabarnya, sebuah keluarga yang  terdiri dari beberapa anggota itu tinggal di sebuah pondok di sebelah lokasi yang diusulkan untuk dibangunnya stadion baru itu. Dan sang penetang itu, selama berpuluh-puluh tahun mengancam untuk menggagalkan rencana pembangunan stadion milik “The Blues”.

Cuma yang menarik dan bahkan dalam konteks masyarakat di Indonesia ini agak aneh alasan yang dikemukakan sang keluarga itu. Disebut-sebut mereka menolak adanya stadion megah itu karena akan merampas “hak atas cahaya” mereka. Stadion berkapasitas 60.000 tempat duduk itu akan mengangkangi hunian mereka.

Makanya, pihak properti kawasan Crosthwaites di mana sang keluarga itu tinggal telah mengajukan keluhan kepada Hammersmith dan Fulham Council. Mereka mengklaim bahwa stadion yang direncanakan akan mencegah cahaya menyinari rumah mereka.

Belum diketahui apakah penolakan itu semata-mata masalah cahaya atau memang sang keluarga itu pendukung klub asal London lainnya. Jika melihat mereka melapor ke Fulham Council bisa jadi mereka sekeluarga adalah pendukung Fulham.

Perlu diketahui di London sendiri tersebar ada 14 klub sepak bola profesional dengan yang menjadi tim besar hanya Chelsea dan Arsenal, serta baru-baru ini Tottenham Hotspur. Dan  Chelsea bersama Fulham sama-sama berada di London barat.

Menurut laporan BBC, keluarga tersebut mengeluarkan sebuah perintah pada Mei tahun lalu terkait izin perencanaan pembangunan stadion itu dan telah diberikan di tahun itu ke Walikota London, Sadiq Khan.

“The Blues” sendiri telah membayar kompensasi kepada pemilik rumah lain di lokasi yang akan dibangun stadion tersebut. Bahkan untuk rumah dengan tiga kamar tidur yang berada segaris dengan wilayah Crosthwaites dikompensasai besar seharga 1,18 juta Pounds (setara Rp 21,3 miliar).

Kabarnya, anggota dewan London akan membahas keluhan tersebut pada sebuah pertemuan pada Senin (15/1/2018) nanti. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar