Duh, Arsenal Tersingkir dari Tim Kasta Kedua di Piala FA

Credit : Arsenal kalah dari Nottingham Forest/FOTO: Reuters
profil foto
  • Busthomi -
  • 08 Jan 2018 07:00:31 -
  • 168 views

NOTTINGHAM – Secara mengejutkan juara bertahan Piala FA, Arsenal harus tersingkir lebih awal dari tim kasta kedua, Nottingham Forest. Bermain di City Ground Stadium, Minggu (7/1/2018) malam, “The Gunners” dibantai 2-4.

Meski menguasai jalannya laga, tim besutan Arsene Wenger itu harus rela gawangnya dibombardir tim tuan rumah empat gol. Mereka hanya bisa memperkecil ketertinggalan dengan dua gol, sehingga kekalahan ini membuat mereka harus tersingkir terlalu dini di babak tiga alias 64 besar.

Gol-gol tim tuan rumah dicetak oleh Eric Lichaj di menit ke-20 dan ke-44, kemudian dua gol penalti dari Ben Brereton di menit ke-64 dan Kieran Dowell di menit ke-85. Sementara dua gol Arsenal hanya bisa dilesakkan oleh Per Mertesacker di menit ke-23 dan Danny Welbeck di menit ke-79.

Hampir memainkan nama-nama lapis kedua, Arsenal sebetulnya tampil dominan. Mereka menguasai jalannya laga sebanyak 70 persen penguasaan bola dan tendangan ke gawang yang juga lebih banyak. Cuma serangan tim lawan lebih efektif.

Tim tuan rumah bisa mengirim tendangan ke gawang sebanyak 12 kali dan 9 kali tendangannya on target. Sedang Arsenal memang banyak melakukan tendangan ke gawang sampai 14 kali tapi cuma 4 yang on target.

Banyak menyerang, ternyata tim tamu harus tertinggal terlebih dahulu. Pada menit ke-20, Lichaj dengan jeli menaklukan David Ospina untuk membawa keunggulan bagi Nottingham 1-0.

Tertinggal 0-1 membuat Arsenal semakin bersemangat untuk melancarkan banyak serangan. Sehingga tiga menit kemudian Mertesacker bisa menyamakan keunggulan menjadi 1-1.

Tim tuan rumah yang punya masa lalu cukup kuat di Liga Primer ini menambah keunggulan jelang laga babak pertama selesai, mereka unggul menjadi 2-1 juga melalui Lichaj.

Babak kedua, tim tuan rumah kembali menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui sepakan hadiah penalti dari Brereton di menit ke-64. Tak mau tertinggal lebih besar, Arsenal terus menyerang dan berhasil memperkecil ketertinggalan melalui Welbeck di menit ke-79.

Menit ke-84, tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain usai salah satu pemainnya diusir wasit. Namun semenit kemudian, Nottingham kembali dihadiahi penalti dan bisa dijalankan dengan baik oleh Dowell. Skor 4-2 untuk tim tuan rumah tetap bertahan hingga laga usai.

Kekalahan ini menjadi pukulan telak bagi Arsenal, terutama Wenger. Status mereka yang sebagai juara bertahan Piala FA dan di final lalu sukses mengalahkan Chelsea yang sebagai juara Liga Primer di tahun 2017 ternyata tak bisa beruat banyak . Awal tahun yang buruk ini tentu akan kembali memunculkan isu Wenger harus mundur dari jabatan kepelatihan itu. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar