Dilepas Rp2,5 Triliun, Coutinho Jadi Pemain Termahal Kedua di Dunia

Credit : Jersey Coutinho/FOTO: Twitter Barca
profil foto
  • Busthomi -
  • 07 Jan 2018 10:20:00 -
  • 152 views

LIVERPOOL – Barcelona sepakat menggelontorkan dana sebesar 142 juta Pounds (setara Rp 2,5 triliun) untuk merekrut Philippe Coutinho dari Liverpool. Harga ini telah menjadikan sang pemain sebagai pemain termahal kedua di dunia dan transfer tertinggi di Inggris.

Seperti dilansir dari ESPN, biaya transfer itu memang belum dikonfirmasi secara pasti ke publik, tapi disebut-sebut Barcelona telah sepakat mengucurkan dana mencapai 160 juta Euro (setara 142 juta Pounds/192,7 juta USD). Dan kabarnya Liverpool menerima secara tunai 105 juta Pounds dan sisanya tergantung performa sang bintang.

Namun angka tersebut sudah menjadi yang terbesar kedua, pasca Neymar dikontrak dari Barcelona ke Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas lalu. Harga Neymar mencapai 200 juta Pounds atau 222 juta Euro.

Jika menghitung Kylian Mbappe yang digaet PSG dari AS Monaco menang dia yang kedua. Namun harga Mbappe baru sah di akhir musim ini. Nilainya mencapai 180 juta Euro atau 166 juta Pounds.

Barcelona sendiri akan mengikat Coutinho dengan kontrak lima setengah tahun. Plus klausul pembelian oleh klub lain mencapai 400 juta Euro.  

Jurgen Klopp pun sudah mengatakan salam perpisahan kepada mantan anak asuhnya yang didatangkan Liverpool dari Inter Milan pada Januari 2013 lalu seharga hanya 11,7 juta Pounds.

“Bukan rahasia lagi bahwa Philippe ingin langkah ini (transfer) terjadi sejak Juli [2017] lalu,” kata Klopp seperti dilansir dari ESPN. Saat itu memang Barcelona pertama kali tertarik untuk merekrut sang pemain. “Philippe bersikeras dengan saya, pemilik klub dan bahkan rekan setimnya. Ini adalah langkah yang sangat ingin dia lakukan.”

“Meski begitu, kami berhasil mempertahankan pemain di sini di luar jendela musim panas, dengan harapan kami bisa membujuknya untuk tetap tinggal dan menjadi bagian dari apa yang ingin kami lakukan ke depan” ujar Klopp.

“Saya dapat memberitahu pendukung Liverpool, bahwa kita sebagai klub, telah melakukan segalanya dengan cara kita untuk meyakinkan Philippe,” cerita pelatih asal Jerman itu. “Bahwa menjadi bagian dari LFC sama menariknya dengan pindah ke Spanyol. Tapi dia 100 persen yakin masa depannya pergi ke Barcelona.”

“Ini adalah mimpinya, dan sekarang saya yakin tidak ada yang tersisa untuk bisa mengubah pikirannya,” dia menegaskan.

Selama merumput di Anfield, Coutinho mencetak 41 gol untuk Liga Primer dengan 35 assist, 337 peluang nyaris gol, serta kontribusi langsung terhadap terciptanya 76 gol dari 152 laga yang dia mainkan. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar