Di Islandia, Bonus untuk Timnas Putra dan Putri Wajib Sama

Di Islandia, Bonus untuk Timnas Putra dan Putri Wajib Sama
Credit : Pemain timnas putri Islandia/Foto: Istimewa
profil foto

REYKJAVIK – Tim nasional (timnas) Islandia tengah menjalani tur di Indonesia untuk menjalani serangkaian uji coba. Ini sebuah kehormatan bagi Indonesia, negara urutan ke-162 dalam peringkat FIFA, karena Islandia adalah salah satu peserta putaran final Piala Dunia 2018 mendatang.

Masih ada keistimewaan lainnya dari Islandia. Di negara yang dekat Kutub Utara itu, persamaan hak pria dan wanita begitu dijunjung tinggi. Termasuk dalam urusan sepak bola.

Belum lama ini, Asosiasi Sepak Bola Islandia (KSI) baru saja mengesahkan aturan soal bonus bagi timnas mereka. Salah satu poin pentingnya, seperti dikutip fotbolti.net, Dewan Eksekutif KSI mewajibkan bonus untuk timnas putri harus sama besarnya dengan yang diterima timnas putri.

“Ini adalah langkah yang disepakati semua anggota dewan,” ujar Gudni Bergsson, Presiden KSI. “Kami percaya ini langkah progresif. Kami bertujuan untuk menjadi progresif, makanya kami sepakat untuk melakukan ini.”

“Isu tentang kesetaraan ini sudah jadi bahan diskusi di negara-negara Skandinavia lainnya, juga di tempat lain,” Bergsson menambahkan. “Norwegia telah mengambil langkah awal. Kami berpikir bahwa inilah saatnya untuk melangkah juga dan mendorong sepak bola Islandia.”

Di Islandia, bonus dibayarkan secara point-to-point, disesuaikan kinerja tim dalam fase kualifikasi untuk turnamen besar, seperti Piala Dunia atau Piala Eropa.

Selama ini, timnas putri Islandia relatif lebih sukses dibanding tim putranya. Mereka sudah tiga kali lolos ke putaran final Piala Eropa 2009, 2013, dan 2017. Sedangkan timnas putranya baru sekali lolos Piala Eropa pada 2006. Disusul pencapai berikutnya, lolos ke Piala Dunia 2018.

Timnas putri Islandia justru belum pernah lolos ke Piala Dunia. Saat ini, mereka berada di peringkat kedua kualifikasi Grup 3 Zona Eropa Piala Dunia Wanita 2019 yang akan berlangsung di Prancis.

Peluang timnas putri Islandia lolos cukup besar karena performa mereka sedang menanjak. Paling akhir, mengalahkan tim putri Jerman 3-2 di kandang lawan. Itu pertama kalinya timnas putri Jerman kalah di laga kandang dalam 19 tahun terakhir. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar