Di Depan Peserta Kongres, Ini Target Ketum PSSI Untuk Memajukan Sepakbola Nasional

Oleh Busthomi - 13 Jan 2018 16:00:19
Credit : Ketum PSSI, Edy Rahmayadi/FOTO: Ridhoni (Eyesoccer)

TANGERANG – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hari ini, Sabtu (13/1/2018) menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk merevisi salah satu statuta PSSI. Sekaligus mereka juga menggelar Kongres tahunan 2018 untuk membahas beberapa agenda.

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi menyebutkan, ajang Kongres juga dijadikan sebagai perumusan agenda sepak bola ke depannya. Baik itu yang tercantum dalam strategi jangka panjang maupun jangka pendek.

Sang Ketum yang juga pensiunan jenderal TNI bintang tiga itu, bertekad di depan para peserta Kongres untuk mewujudkan tim nasional Indonesia untuk bisa berkiprah di Piala Dunia suatu saat ini. Namun agar bisa otomatis lolos, maka Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia nantinya.

“Karena bagaimana pun juga kita harus memiliki agenda sepak bola yang jelas,” tandas Edy di depan peserta Kogres PSSI di ICE BSD, Tangerang, Banten, hari ini. “Kalau kita tarik target mulai yang terjauh di 2045 nanti, saat kemerdekaan kita sudah satu abad, maka sepak bola Indonesia harus sudah berjaya.”

Namun sepuluh tahun sebelumnya, tepatnya di tahun 2035 nanti, maka Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. Atau tepatnya di Piala Dunia 2034 nantinya. Semua itu harus disiapkan sejak saat ini.

“Itu target yang tidak muluk-muluk dan harus dipersiapkan sejak saat ini,” Eddy menegaskan. “Kemudian sepuluh tahun sebelumnya yakni di tahun 2024, maka timnas Indonesia harus sudah bisa lolos ke Olympiade cabang sepak bola.”

Untuk itu periode PSSI kepemimpinannya saat ini, kata dia, harus menyiapkan program penunjangnya. Sementara untuk target di tahun 2020 nanti, pihaknya sudah bisa menindaklanjuti dari hasil di Asian Games 2018 ini.

“Makanya saat ini kita gembleng pemain-pemain usia dini, agar di 2035 dan 2045 nanti sudah siap,” dia bertekad. “Jadi kompetisi di usia-usia muda atau usia dini diperbanyak lagi. Ini motivasi kita untuk bisa membesarkan sepak bola nasional.”

Di KLB sendiri, anggota PSSI yang hadir sebanyak 93 peserta yang terdiri dari klub ISL hadir semua sebanyak 18 tim, dari Liga 1 ada 15 tim yang hadir dan satu tak hadir, dari Liga 2 yang hadir ada 13 tim dan tiga tim absen. Sementara dari Liga Nusantara hadir 18 tim dan empat tim tidak hadir. *



Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Bagikan



© eyesoccer.id 2016 | Tentang Kami