Dahsyat! Malaysia Berantas Pengaturan Skor hingga Sepak Bola Amatir

Dahsyat! Malaysia Berantas Pengaturan Skor hingga Sepak Bola Amatir
Credit : Oknum manajer pelaku pengaturan skor yang ditahan komisi antirasuah Malaysia/Foto: Istimewa
profil foto

SEREMBAN – Langkah berani dilakukan lembaga antikorupsi Malaysia (Malaysia Anti-Corruption Commission/MACC). Minggu (7/1/2018) waktu setempat, mereka meringkus manajer tim sepak bola asal Seremban, Negeri Sembilan, yang diduga terlibat pengaturan skor.

Hebatnya, manajer berusia 38 tahun itu bukan berasal dari klub profesional. Dalam aksinya, manajer yang masih disembunyikan identitasnya itu diduga bekerjasama dengan seorang pelatih klub amatir yang sudah ditahan lebih dulu, sehari sebelumnya.

MACC sudah lama mengincar dua orang ini. Mereka diduga kuat mengatur sejumlah pertandingan dalam pertandingan  Liga Bolasepak Rakyat (LBR) sepanjang November tahun lalu.

“Modusnya adalah manajer tersebut memberi uang kepada pelatih. Sang pelatih kemudian memberikannya lagi kepada tim lawan agar kalah dalam pertandingan yang sudah diatur itu,” juru bicara MACC memaparkan. “Itu pertandingan besar di LBR yang membuat banyak pihak curiga. Makanya, MACC kemudian terjun menyelidiki.”

LBR adalah kompetisi kasta keempat alias amatir dalam hirarki sepak bola Malaysia. Kompetisi diikuti 108 klub amatir yang dibagi delapan zona. Usia pemain dibatasi 28 tahun, namun klub wajib menyisipkan lima pemain U-21.

Kompetisi yang mulai digulirkan sejak 2015 itu dinilai positif sebagai wadah bagi para pemain muda. Namun belakang isu pengaturan skor marak terjadi di kompetisi yang tahun lalu dijuarai klub Gua Musang itu.

MACC pun kemudian terjun dan sukses membongkar skandal pengaturan skor di sana. MACC –lembaga sejenis KPK di Indonesia—masuk dengan payung hukum MACC Act 2009 Section 16(b)(A).

Kini, MACC punya waktu lima hari untuk melengkapi dokumen-dokumen yang membuktikan keterlibatan sang manajer dan pelatih dalam kasus ini. Namun demikian, terlepas apapun hasilnya nanti, gebrakan MACC masuk ke LBR mendapat apresiasi banyak pihak sebagai bukti keseriusan Malaysia dalam memberantas korupsi dengan segala bentuknya. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar