Cuma Valverde yang Berani Tarik Keluar Lionel Messi

Credit : Lionel Messi saat digantikan oleh Ousmane Dembele/Foto: Istimewa
profil foto

BARCELONA – Laga leg kedua Copa del Rey antara Barcelona melawan Celta Vigo, Jumat (12/1/2018) dini hari WIB, menyuguhkan sebuah pemandangan langka di sepak bola Spanyol. Sesuatu yan sudah lama tidak mereka lihat untuk jangka waktu sangat lama, yaitu Lionel Messi meninggalkan lapangan karena keputusan pelatih sebelum laga usai.

Ia digantikan pada menit ke-59 oleh Ousmane Dembele. Terakhir kali Messi meninggalkan lapangan sebelum laga berjalan minimal satu jam adalah pada tanggal 29 September 2007 di Ciutat de Valencia melawan Levante alias 302 pertandingan yang lalu!

Di laga tersebut, kala itu, Barcelona sudah memimpin terlebih dahulu dengan skor 4-0. Dan megabintang Argentina tersebut menjadi pencetak gol keempat dalam laga tersebut. Beberapa saat setelah ia mencetak gol, pelatih Frank Rijkaard memutuskan untuk menggantinya dengan Giovanni dos Santos.

Sejak saat itu, Messi tak pernah lagi digantikan sebelum menit ke-60. Kecuali karena alasan sakit atau cedera.

Bukan rahasia lagi kalau Messi adalah pemain yang tak suka diganti saat sedang bermain. Makanya, Pep Guardiola maupun Luis Enrique pun tak kuasa mengatur kapan ia harus digantikan oleh pemain lain.

Ingat insiden yang terjadi pada 20 Oktober 2014 saat Barcelona menang 3-0 atas Eibar. Sudah unggul jauh, Enrique pun berniat mengganti Messi dengan pemain muda Munir. Tapi, dengan isyarat tangannya, Messi menolak digantikan.

Enrique pun tak bisa berbuat apa-apa. Ia kemudian mengubah pergantian pemain. Neymar yang akhirnya ditarik keluar dan digantikan oleh Munir.

Kini, Valverde memulai perubahan besar itu. Ia mungkin datang pada saat yang tepat karena Messi kini sudah tak sekuat 3-4 tahun lalu sehingga mulai bisa menerima saat dirinya ditarik keluar dan digantikan pemain lain. *

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentar